Mekanika Kuantum, Cek Info Disini!

Mekanika Kuantum

Mekanika kuantum merupakan cabang dasar fisika yang digunakan agar bisa menjelaskan sistem atom dan subatom. Konsep mekanika kuantum dapat digunakan agar menggantikan mekanika klasik. Mekanik kuantum berada dalam superposisi kuantum sehingga tidak bisa bersesuaian dengan fisika klasik.

Mekanik kuantum digunakan agar bisa menyusun kerangka acuan matematika untuk fisika atom, fisika molekular, kimia komputasi, kimia kuantum, fisika partikel, dan fisika nuklir. Konsep utama saat dikemukakan dalam mekanika kuantum merupakan teori medan kuantum dan fisika kuantum dan relativitas umum. Pernyataan umum dari adanya mekanika kuantum merupakan  energi itu tidak berkesinambungan, namun tersusun dalam paket atau kuanta yang diskrit.

Sejarah dari mekanik kuantum berkembang dari penyelesaian Max Planck tahun 1900 pada masalah radiasi benda-hitam (dilaporkan pada 1859) dan paper Albert Einstein tahun 1905 yang bisa menawarkan teori berbasis-kuantum untuk menjelaskan efek fotolistrik (dilaporkan 1887). Teori kuantum lama dipahami secara mendalam pada pertengahan 1920-an.

Teori ini sudah dirumuskan dalam berbagai rumus matematika yang bisa dikembangkan. Salah satunya, sebuah fungsi matematika berupa fungsi gelombang, dapat memberikan informasi mengenai amplitudo probabilitas dari  sebuah posisi, momentum, dan properti fisik lainnya untuk sebuah partikel.

Aplikasi penting dari adanya  teori kuantum diantaranya berupa magnet superkonduktor, diode pancaran cahaya (LED), laser, transistor dan semikonduktor seperti adanya prosesor mikro, pencitraan penelitian dan juga medis seperti magnetic resonance imaging dan mikroskop elektron.

Mekanika kuantum kelemahan dan kelebihan

Teori serta model dari  atom mekanik kuantum dapat ditemukan oleh Erwin Schrodinger yang ada saat ini sudah berhasil menyempurnakan beberapa kelemahan yang ada pada teori atom Bohr serta juga membuka berbagai pemahaman baru dari struktur atom serta pergerakan elektron yang ada pada atom.

Berikut ini beberapa mekanika kuantum kelemahan dan kelebihan yang ada pada baik teori maupun model dari atom mekanika kuantum. Simak informasi berikut ini.

  1. Kelebihan mekanika kuantum kelemahan dan kelebihan
  •  Pertama bisa menjelaskan posisi peluang yang ditemukannya sebuah elektron.
  • Kedua  bisa menjelaskan mengenai posisi elektron saat mengorbit.
  • Ketiga bisa mengukur perpindahan energi eksitasi serta emisi.
  • Keempat  agar mampu mengidentifikasi proton serta neutron yang sudah ada pada inti, sedangkan elektron berada pada orbit.
  1. Kekurangan dari atom mekanika kuantum
  • Pertama  yaitu persamaan tersebut yang dapat diterapkan secara eksak agar partikel dalam kotak serta atom yang memiliki yang namanya elektron tunggal.
  • Kekurangan yang kedua berupa sulit untuk diterapkan dalam sistem makroskopis dengan juga adanya kumpulan atom, seperti contohnya adalah hewan.

Mekanika kuantum penemu

Mekanika kuantum lahir dari seorang fisikawan asal Jerman bernama Max Karl Ernst Ludwig Planck yang sudah melakukan percobaan tentang radiasi benda hitam.

Demikianlah ulasan mengenai mekanik kuantum. Semoga dapat menambahkan informasi yang kamu butuhkan mengenai mekanika kuantum. Share tulisan ini ke teman-temanmu agar mereka juga mendapatkan manfaat yang banyak dari artikel ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *