Contoh Soal Logaritma serta Fungsinya

Logaritma

Logaritma – Mengetahui sifat dari logaritma di dalam suatu ilmu matematika, logaritma adalah kebalikan atau invers dari eksponen atau pemangkatan.

Secara sederhananya saja, logaritma bisa diartikan sebagai suatu invers atau kebalikan dari pemangkatan yang digunakan dalam menentukan besaran pangkat pada sebuah bilangan pokok.

Sehingga intinya bahwa dengan Kalian mempelajari ilmu logaritma, maka Kalian akan bisa mencari besaran pangkat dari suatu bilangan yang telah diketahui hasil pangkatnya.

Berikut Fungsi Logaritma

Fungsi logaritma ini tidak cuma dipakai di dalam sebuah ilmu matematika saja, akan tetapi juga dipakai di dalam ilmu pengetahuan alam atau biasa dikenal dengan sebutan IPA.

Serta juga digunakan pada ilmu kimia guna menentukan orde reaksi, pengetahuan akan akustik guna memilih koefisien serap bunyi yang pas, dan lain sebagainya.

Selain itu, logaritma ini juga dipakai dalam mengukur laju pertumbuhan dari penduduk, antropologi dan keuangan guna menghitung bunga majemuk.

Logaritma natural yaitu logaritma yang berbasis e, dimana e yaitu 2.718281828459…. (dan seterusnya). Logaritma natural terdefinisikan bagi semua bilangan real positif x dan dapat juga dirumuskan bagi bilangan kompleks yang bukan 0.

Disini kami memberikan contoh soal logaritma, kalian bisa lihat dan kerjakan Ulasan Logaritma contoh soal di bawah ini

  • Soal  Pertama

Logaritma

Pembahasan:

Logaritma

Jawabannya adalah C.

  • Soal kedua

  • Soal ke tiga

Logaritma

Pembahasan:

  • Soal ke empat

Logaritma

  1. Jika hanya (4) yang benar
  2. Jika (2) dan (4) benar
  3. Jika (1) dan (3) benar
  4. Jika (1), (2), dan (3) benar

Pembahasan:

Jawabannya adalah B

Nah itulah informasi tentang logaritma, semoga membantu Kalian dan terima kasih telah membaca artikel Kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *