Rumus Gaya Lorentz, Yuk Baca Disini Secara Lengkap!

Rumus Gaya Lorentz

Dalam Ilmu Fisika Rumus Gaya Lorentz ini terbagi dari 3 cara yaitu Gaya Lorentz dengan Kawat Berarus Listrik,  Gaya Lorentz dengan Kawat Sejajar atau Gaya Lorentz Pada Kawat Lurus yang berarus Listrik dan  Gaya Lorentz dengan Muatan Bergerak dalam Medan Magnet.

Rumus Gaya Lorentz merupakan Ilmu yang mempelajari kaidah gabungan di antara dua gaya yaitu gaya elektrik dengan gaya magnetik pada sebuah medan elektromagnetik. 

Gaya Lorentz ini dihasilkan oleh suatu muatan listrik yang dapat bergerak jika sebuah arus listrik berada didalam medan magnet B.

Di bawah ini akan dirincikan satu persatu dari Rumus Gaya Lorentz, agar kalian tidak salah paham kalian bisa simak secara jelas.

Gaya Lorentz Pada Kawat Berarus Listrik

Didalam Rumus Gaya Lorentz dengan Kawat Berarus Listrik bisa kalian lihat dibawah ini :

Fl = B I l Sin a

Diketahui :

Fl = Gaya Lorentz

B = Kuat Medan Magnet (Satuan Telsa)

I = Kuat Arus yg mengalir pada Kawat (Satuan Ampere)

l = Panjang Kawat (Satuan Meter)

a = Sudut yg dibentuk oleh B dan I

Lalu didalam Gaya Lorentz Kawat Berarus Listrik ini, apabila Kawat Penghantar dengan Panjang I yg dialiri oleh Arus Listrik sebesar I, dan Kawat itu nantinya diletakkan di Daerah yg dipengaruhi Medan Magnet B. 

Maka Kawat tersebut akan mempunyai Gaya Lorentz yg besarnya itu dipengaruhi oleh besar Medan Magnet, Sudut dan Kuat Arus yg dibentuk oleh Medan Magnet dan Arus Listriknya.

Gaya Lorentz Pada Kawat Sejajar Berarus Listrik atau Rumus Gaya Lorentz Pada Kawat Lurus

Rumus Gaya Lorentz kedua ialah jika dilihat dari kawat sejajar yang berarus listrik dan rumus ini bisa kalian lihat penjelasannya dibawah ini :

Gaya Lorentz Pada kawat sejajar berarus listrik ini jika terdapat dua buah kawat yang diletakkan sejajar atau lurus secara berdekatan dg sebuah Medan Magnet maka akan mengalami Gaya Lorentz berupa Gaya Tarik Menarik, jika arus listrik di kedua kawat itu Searah.

Namun Gaya Lorentz akan saling tolak menolak jika arus listrik di kedua kawat itu berlawanan arah.

Rumus Gaya Lorentz Pada Muatan Bergerak

Lalu untuk Rumus Gaya Lorentz yang ketiga adalah Rumus Gaya Lorentz Pada Muatan Bergerak dan Rumus mencari Gaya Lorentz ini bisa kalian lihat dibawah ini :

Fl = q x v x B sin a

Diketahui :

Fl = Gaya Lorentz

q = Muatan Listrik (Satuan Coloumb)

v = Kecepatan Gerak Muatan (Satuan m/s)

B = Kuat Medan Magnet (Satuan T)

a = Sudut yg dibentuk oleh v dan B

Dengan melihat Rumus tersebut maka bisa dipastikan bahwa Gaya Lorentz ternyata tak hanya dialami oleh suatu Kawat, akan tetapi terdapat juga di dalam Muatan Listrik yang bergerak. 

Apabila Muatan Listrik q bergerak dg kecepatan gerak muatan (v) didalam sebuah medan Magnet B maka Muatan Listrik tersebut akan mengalami Gaya Lorentz dan Rumusnya bisa kalian lihat diatas.

Nah itulah informasi mengenai Rumus Gaya Lorentz, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *