Cara Menulis Personal Letter yang Baik dan Benar

Personal Letter

Personal letter atau yang biasa kita kenal sebagai surat pribadi merupakan salah satu media komunikasi yang banyak digunakan untuk menyampaikan maksud dan tujuan kepada orang-orang tertentu. 

Tentunya mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan apa itu personal letter, apalagi ketika sedang di sekolah kita pernah diajarkan untuk menulis personal letter. 

Berbicara tentang personal letter Apakah kamu sudah tahu apa itu sebenarnya personal letter? Jadi personal letter merupakan sebuah jenis surat yang dibuat atau ditulis yang berisikan teks isi percakapan yang bersifat pribadi tentunya. 

Biasanya surat pribadi sering dikirimkan kepada teman dekat ataupun kepada orang-orang tertentu yang mungkin sifat dari surat tersebut yang mana isi dari pesannya berisikan hal-hal yang sangat rahasia sehingga tidak boleh diketahui oleh banyak orang. 

Namun yang perlu kamu garis bawahi adalah surat pribadi bukan berarti surat rahasia ya teman-teman, karena personal letter itu berbeda pengertiannya dengan surat rahasia ataupun dokumen rahasia. 

surat pribadi biasanya dikirimkan kepada orang-orang terdekat seperti teman keluarga pacar adik kakak maupun teman-teman yang bersifat pribadi. 

Tujuan Personal Letter

Sebelum kamu mulai menulis personal letter, yang harus kamu ketahui pertama kali adalah tujuannya. Berikut ini adalah the purposes of personal letter:

  • Memberikan Informasi (To inform) 

Karena tipe surat ini adalah surat pribadi yang membahas hal-hal informal, maka kamu bisa membuat sebuah surat pribadi untuk memberi tahu. Memberitahu apa? Apapun yang kamu ingin sampaikan. 

Misalnya, kamu baru saja berkenalan dengan seseorang dari internet. Kamu ingin memberitahu kepadanya bahwa kamu sedang liburan panjang dan kalau ada waktu luang, kamu ingin bertemu dengannya..

  • To keep in touch

Mungkin kamu sudah punya teman dari luar negeri, lalu karena nggak bisa ketemu atau jarang video call karena masing-masing sedang sibuk, you can always write them a personal letter. 

Sesederhana menanyakan kabar mereka, sedang sibuk apa mereka, dan lain-lain. Nggak Cuma kamu latihan praktik kemampuan bahasa Inggris, kamu juga jadi bisa terus mengeratkan hubungan pertemanan.

  • Membagikan Kabar (Sharing) 

Salah satu tujuan untuk menulis surat pribadi adalah memberikan kabar. Katakan kamu punya teman di luar negeri, karena saking dekatnya, kamu sudah sangat mengenalnya dan ingin saling bertukar kabar dan informasi. 

Lalu misalnya kamu baru saja menikah, punya anak, atau misalnya baru lulus kuliah, you can always share the great news to them. Jadi teman kamu di sana bisa ikut merayakan atas kabar bahagia yang baru kamu alami.

Atau mungkin misalnya kamu baru saja mendapat kabar buruk, misalnya kamu dengan salah seorang anggota keluargamu berteman baik dengan seseorang di luar negeri. Lalu anggota keluargamu itu meninggal. 

  • Untuk Membujuk (To persuade) 

Selain tujuan-tujuan di atas, kamu juga bisa membuat surat pribadi bertujuan untuk membujuk orang lain. Misalnya teman kamu di luar negeri sedang liburan atau ia sedang ingin mengunjungi salah satu negara di Asia Tenggara untuk penelitiannya. 

Misalnya kamu juga menyebutkan hal-hal tempat-tempat yang harus mereka kunjungi, atau makanan tradisional yang harus mereka santap.

Isi dari surat pribadi bisa berupa yaitu surat permintaan maaf, surat yang benar izin, maupun surat pernyataan yang lainnya namun bersikap pribadi yang dikirimkan dari seorang individu ke individu lain dengan maksud dan tujuan tertentu yang mana sifat kerahasiaannya pribadi. 

Nah pada kali ini Mimin akan memberikan tips dan cara bagaimana cara yang baik dan benar untuk mengirim atau menulis personal letter sehingga kamu bisa dengan mudah untuk menerapkannya di rumah. Atau jika kamu sedang memiliki tugas dari sekolah menulis personal letter kamu bisa memakai tips yang akan memberikan di bawah ini. 

Personal letter to friend

Nah kali ini Mimin akan menjelaskan dan memberikan contoh kepada teman-teman Bagaimana cara menulis surat pribadi kepada teman-teman yang lain. Penasaran Bagaimana contohnya yuk simak penjelasan di bawah ini. 

surat pribadi kepada teman biasanya bisa kamu gunakan untuk menyampaikan bela sungkawa, penyampaian permintaan maaf, menyampaikan surat undangan, dan atau memberikan informasi yang bersifat pribadi. 

Berikut contoh personal letter untuk teman

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *