Berikut Rumus Gerak Parabola, Silahkan Cek Disini !

Gerak Parabola

Gerak parabola merupakan sebuah partikel yang dilemparkan miring di dekat permukaan bumi, disini ai bergerak sepanjang jalur melengkung dibawah percepatan konstan yang diarahkan ke pusat bumi.

Informasi pertama mengenai apa itu parabola ? parabola merupakan salah satu benda yang dilemparkan ke ruang angkasa di mana satu satunya gaya yang bekerja yaitu gravitasi.

Disini gaya utama yang bekerja pada parabola adalah gravitasi. Dan ini tidak berarti bahwa kekuatan lain tidak bekerja padanya.

Disini hanya efeknya saja minimal dibandingkan dengan gravitasi. Untuk jalur yang diikuti oleh parabola yang dikenal sebagai lintasan.

Bola bisbol yang dipukul atau yang dilempar adalah contoh parabola atau contoh sifat dari parabola tersebut yang artinya terjadinya perpindahan secara miring dari bidang satu ke bidang yang lainnya.

Untuk gerak  ini sendiri yaitu sebuah lintasan partikel dengan parabola dan geraknya itu disebut dengan gerak parabola.

Untuk anda ketahui di dalam gerak  ini ada dua buah gerakan yaitu gerakan dari arah sumbu x dan gerakan arah sumbu y.

Untuk gerak parabola yang dari arah sumbu x, untuk kecepatannya seragam, bertanggung jawab untuk gerakan nya horizontal atau maju pada partikel.

Kemudian untuk gerak  yang dari arah sumbu y, untuk percepatan seragam, bertanggung jawab atas gerakan vertikal ke bawah partikel tentunya.

Untuk percepatan dalam gerak ini ada gerak horizontal dan vertikal di suatu partikel tentunya. Dan ketika sebuah partikel diproyeksikan di udara dengan kecepatan tertentu.

Satu – satunya gaya yang bekerja selama masih udara adalah percepatan gravitasi dengan lambing g tentunya.

Gerak parabola merupakan gerak di mana lintasannya tidak bergerak lurus tapi membentuk parabola. Kemudian hal ini terjadi karena adanya perpaduan antara gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan tentunya.

#1. Gerak Parabola Rumus

Untuk gerak parabola rumus ini terbagi ke dalam dua sumbu yaitu sumbu x dan sumbu y tentunya dan ini terjadi di dua arah.

Komponen pada gerak ini yaitu titik O yang merupakan titik awal benda. Kecepatan titik ini yaitu kecepatan awal (V0) yang akan mencapai komponen kecepatan awal pada sumbu x (V0x) dan kecepatan awal pada sumbu y (V0y).

Berikut ini rumus gerak parabola sumbu x berupa Gerak Lurus Beraturan (GLB) ditulis sebagai berikut:
Jika kecepatannya konstan dan bukan fungsi waktu, maka rumusnya
Vx = V0x = V0 cos α
Jika jarak dalam arah sumbu x dapat diperoleh dengan rumus X = Vx t
Keterangan:
Vx adalah kecepatan ke arah sumbu X (m/s)
V0 adalah kecepatan awal (v0)
X adalah jarak dalam arah sumbu X (m)

Sedangkan rumus gerak parabola pada gerak sumbu Y yang merupakan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) yaitu Jika kecepatan berupa fungsi waktu (berubah tergantung waktu)

Vy = V0 sin α – gt
Jarak dalam arah sumbu Y dapat ditentukan dengan rumus berikut yaitu y = V0 sin α t – ½ gt2

Keterangan:
Y adalah jarak dalam arah sumbu y (m)
Vy adalah kecepatan ke arah sumbu y (m/s)
g adalah percepatan gravitasi (ms2)

#2. Gerak Parabola Kelas 10

Untuk anda yang ingin mengetahui tentang gerak parabola kelas 10 ini anda bisa menggunakan link ini 

Link tersebut sudah tertaut dengan modul fisika kelas 10 terkait dengan gerak parabola kelas 10 tentunya dan anda bisa mengunduhnya menggunakan link di atas.

Nah demikianlah artikel tentang gerak parabola, semoga artikel ini dapat membantu anda dan saya ucapkan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *