Pelajaran Geografi Kelas 10 dan Capaiannya Untuk Peserta Didik

Pelajaran Geografi

Pelajaran Geografi –  Karakteristik Mata Pelajaran Geografi merupakan sebagai ilmu yang mempelajari muka bumi dan proses-proses yang membentuknya, hubungan antara manusia dengan lingkungan, serta pertalian antara manusia dengan tempat- tempat.

Bidang studi Geografi membahas tentang ilmu yang mempelajari segala aktivitas manusia dan alam serta interaksi diantara keduanya melalui perspektif ruang hingga terbentuk pola ruang tertentu.

Bagi Kalian yang mencari Pelajaran Geografi kelas 10 Kurikulum Merdeka, dibawah ini kami akan menyediakan materi Pelajaran Geografi kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Materi ini kami rangkum sederhana agar Kalian bisa cepat paham dalam menanggapi Pelajaran Geografi tersebut.

Pelajaran Geografi kelas 10 Kurikulum Merdeka

Pengantar Ilmu Geografi

  1. Perkembangan Ilmu Geografi
  2. Objek Studi Ilmu Geografi
  3. Aspek Ilmu Geografi
  4. Pendekatan Geografi
  5. Konsep Geografi
  6. Prinsip-Prinsip Geografi
  7. Peta, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
  8. Penelitian Geografi

Fenomena Geosfer

  1. Litosfer
  2. Pedosfer
  3. Atmosfer
  4. Hidrosfer
  5. Biosfer
  6. Antroposfer

Capaian pembelajaran dari Pelajaran Geografi kelas 10 Kurikulum Merdeka ini terdiri dari capaian, yaitu:

  1. Peserta didik mampu: mengidentifikasi, memahami, dan mampu membuat pertanyaan tentang karakteristik wilayah Indonesia secara fisik/sosial dan manfaatnya bagi kehidupan manusia.
  2. Peserta didik mampu Mengidentifikasi dan mendeskripsikan serta mampu mencari/mengolah informasi tentang keberagaman wilayah secara fisik dan sosial;
    mampu.
  3. Peserta didik mampu Membuat dan memanfaatkan peta serta memaparkan fenomena alam dan sosial.
  4. Peserta didik mampu Mendeskripsikan wilayah berdasarkan ilmu pengetahuan dasar geografi, karakter fisik dan sosial wilayah (lokasi, keunikan, distribusi, persamaan dan perbedaan, dan lain-lain) dan pemanfaatan sumber daya bagi penduduk dengan memanfaatkan peta, data, tabel dan lainnya, serta pemanfaatan teknologi SIG.
  5. Siswa mampu menganalisis dan mengembangkan ide/solusi tentang keberagaman fisik dan sosial terhadap keberagaman wilayah secara fisik dan sosial.
  6. Peserta didik mampu menganalisis dan mempublikasikan keunggulan keberagaman secara fisik dan sosial Indonesia dibandingkan wilayah sekitar berdasarkan peta dan ilmu
    pengetahuan geografi

Nah itulah informasi mengenai Bidang studi Geografi kelas 10 Kurikulum Merdeka, semoga informasi yang Kami bagikan ini bermanfaat dan kami ucapkan terima kasih telah membaca.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *