Rekomendasi Jurusan Kuliah Banyak Peminat 2023

Jurusan Kuliah Banyak Peminat

Jurusan Kuliah Banyak Peminat – Memilih jurusan menjadi salah satu dilema yang dihadapi oleh calon mahasiswa baru yang akan masuk ke universitas. Menentukan jurusan yang sesuai dengan diri kamu bukanlah hal yang mudah. 

Kamu dapat mempersiapkan diri dengan mengetahui bakat yang dimiliki agar lebih mudah dalam menentukan jurusan. Bahkan, kamu dapat mengikuti test minat bakat untuk mengetahui minat dan bakat yang dimiliki.

Selain dengan mengetahui minat dan bakat, kamu juga dapat menemukan referensi kampus terbaik untuk menempuh pendidikan. 

Berikut Rekomendasi Jurusan Kuliah Banyak Peminat

  • Teknik Informatika

Di era digital seperti saat ini, jurusan Teknik Informatika menjadi salah satu Jurusan Kuliah Banyak Peminat. Pasalnya, jurusan ini sangat selaras dengan perkembangan teknologi yang sangat penting untuk menunjang kehidupan. 

Pada jurusan ini, kamu juga akan mempelajari tentang komponen penting dalam teknologi seperti hardware, jaringan, dan software.

  • Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro akan membuat mahasiswanya mempelajari sifat-sifat listrik. Peminat di jurusan ini selalu tinggi sehingga membuat teknik elektro menjadi salah satu jurusan terbaik dan banyak peminat. 

Jurusan Kuliah Banyak Peminat ini didukung dengan lulusannya yang mampu mendominasi perusahaan besar di tanah air. Cakupan dari teknik elektro juga sangat luas dari sistem jaringan distribusi, sumber pembangkit tenaga listrik, hingga pemanfaatan listrik di kehidupan sehari-hari.

  • Teknik Industri

Selain Teknik Elektro, jurusan Teknik Industri juga memiliki banyak sekali peminat. Walaupun Namanya Teknik, tapi jurusan ini dapat dikatakan tidak terlalu Teknik karena mempelajari tentang manajemen juga. 

Jurusan Kuliah Banyak Peminat merupakan turunan dari Teknik Mesin sehingga kamu juga akan mempelajari tentang fisika dan matematika.

  • Teknik Sipil

Pada program studi ini, kamu akan mempelajari tentang proses merancang, membangun, dan merenovasi infrastruktur. Selain itu, kamu juga akan mempelajari tentang berbagai ragam infrastruktur seperti jembatan, atau gedung, tapi jalan hingga bendungan juga termasuk.

Saat kamu belajar tentang teknik sipil, kamu akan menemui dasar-dasar rancangan arsitektur. Kamu akan mengetahui dengan baik cara perancangan struktur bangunan yang kuat, layak, dan efisien. Ilmu teknik sipil ini selalu berkembang sejalan dengan kebutuhan dalam kehidupan manusia.

  • Kedokteran

Program studi kedokteran menjadi salah satu program studi yang banyak peminat. Siapa yang tidak mengetahui program studi ini. Peminat di jurusan kedokteran selalu meningkat setiap tahunnya. 

Pada jurusan ini, kamu akan belajar tentang berbagai ilmu medis seperti pemeliharaan kesehatan, pengobatan penyakit, dan pencegahan. Kamu juga dapat memahami tentang anatomi, fungsi, dan interaksi yang terjadi pada tubuh manusia.

Untuk masuk di jurusan kedokteran, kamu harus mengambil jurusan IPA di SMA karena pada IPA, kamu sudah mempelajari dasar-dasarnya. Hal itu membuat kamu lebih mudah untuk melanjutkan pengetahuan saat mengambil program studi kedokteran.

  • Manajemen

Program studi manajemen menjadi jurusan terbaik yang banyak diminati oleh calon mahasiswa. Jurusan ini mempelajari tentang cara pengelolaan suatu perusahaan ataupun organisasi. 

Manajemen menjadi bidang bisnis dan ekonomi, namun kamu akan berfokus pada pengelolaan, perencanaan, dan pengaturan terhadap seluruh proses yang ada pada perusahaan untuk mencapai suatu tujuan.

  • Akuntansi

Program studi ini akan mempersiapkan mahasiswanya untuk dapat mempraktikan dan menjalankan fungsi bisnis berdasarkan prinsip akuntansi. Beberapa hal yang akan dipelajari di antaranya akuntansi keuangan, akuntansi biaya, akuntansi manajerial, akuntansi pajak dan pengendalian anggaran.

Ilmu akuntansi biasanya diaplikasikan pada berbagai instansi bisnis baik yang bersifat non-profit, profit, ataupun pemerintahan. Akuntansi menjadi salah satu bidang ilmu yang selalu dibutuhkan di setiap perusahaan sehingga peluang berkarir terbuka lebar. Peminat dari jurusan ini juga terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

  • Ilmu Komunikasi

Program studi ini mencakup jurnalistik, public relation, komunikasi, penyiaran dan hal lainnya yang termasuk dalam ranah ilmu komunikasi. Jurusan ini menjadi salah satu jurusan favorit dan banyak peminat untuk calon mahasiswa baru. 

Program studi ini juga akan membuat kamu belajar tentang cara menyampaikan pesan agar efektif dan tepat sasaran.

  • Ilmu Hukum

Jurusan ini akan mempelajari tentang berbagai hal yang terkait dengan hukum dari teori hingga prakteknya. Kamu juga akan mempelajari tentang konsep dan teori hukum yang ada pada perundang-undangan baik didalam negeri maupun diluar negeri.

  • Hubungan Internasional

Hubungan Internasional (HI) merupakan jurusan yang menekankan pada komunikasi, interaksi dan relasi dalam skala internasional. Jurusan ini termasuk salah satu jurusan banyak peminat untuk mahasiswa baru. 

Pada jurusan ini kamu akan mengkaji tentang diplomasi dan negosiasi, perdagangan luar negeri, politik luar negeri, hukum internasional, politik internasional, hubungan komunikasi hingga Kerjasama internasional.

  • Psikologi

Diminati oleh 5,9 persen siswa, jurusan ini biasanya akan mempelajari manusia dalam aspek jiwa dan perilaku yang mempengaruhi tindakannya. Beberapa aspek yang dilihat adalah konteks sosial dan konteks industri dengan melihat manusia dengan lingkungan sosial dan posisi di perusahaan. 

Biasanya, beberapa konsentrasi atau peminatan yang sering dijumpai adalah Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, serta Psikologi Industri dan Organisasi.

  • Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer identik dengan pemrograman komputer seperti mulai dari sistem perangkat lunak, server, hingga aplikasi. Beberapa bidang yang sering ditemui adalah Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi yang biasanya akan melibatkan sistem komputasi dan perangkat komputer.

Demikianlah beberapa rekomendasi jurusan kuliah banyak peminat. Semoga kamu bisa diterima di salah satu jurusan yang banyak peminat tersebut. Tetap semangat dan jangan mudah menyerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *