Tugas Kuliah Teknik Pertambangan

Tugas Kuliah Teknik Pertambangan

Tugas kuliah teknik pertambangan – Melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi akan semakin sulit. Ada banyak tugas yang harus diselesaikan untuk mendapatkan gelar sarjana.

Buat kamu yang sedang menempuh atau yang ingin melanjutkan pendidikan mengambil jurusan teknik pertambangan harus tau apa saja tugas yang akan dikerjakan selama pendidikan.

Sebelum kami jelaskan apa saja tugas kuliah teknik pertambangan yang akan kamu kerjakan selama kuliah, sebaiknya kamu harus mengetahui tentang jurusan teknik pertambangan.

Teknik pertambangan merupakan salah satu cabang dari ilmu teknik yang berfokus pada ilmu tentang eksplorasi dan eksploitasi bahan galian/sumber daya mineral seperti emas, perak, aluminium, besi, dan sebagainya, serta batu bara.

Jurusan teknik pertambangan berkaitan erat ilmu kebumian. jadi untuk diterima di jurusan ini kamu harus mahir dalam ilmu Biologi, Fisika, dan kimia. Tugas kuliah teknik pertambangan tidak akan jauh dari hal hal diatas.

Tugas Kuliah Teknik Pertambangan Semester Akhir

Teknik pertambangan merupakan ilmu yang mempelajari tentang bahan galian. Mulai dari teknik mengambil hasil tambang hingga cara mengolahnya.

Hal yang dipelajari adalah pengenalan terhadap dunia pertambangan, sejarah pertambangan, objek yang akan ditambang, bagaimana metode pengambilan bahan tambang yang sesuai dengan jenis bahan tambang tersebut.

Selain itu kau juga akan mempelajari bahan tambang dari sisi teknis dan ekonomisnya, mempelajari seluruh alur kegiatan pertambangan dari awal hingga pemasarannya.

Sebenarnya tugas kuliah teknik pertambangan tergantung pada konsentrasi yang kamu pilih. Ada jurusan Pertambangan umum dan tambang eksplorasi.

Jika kamu memiliki pertambangan umum tugas kuliah yang akan kamu hadapi yaitu metode perhitungan cadangan, valuasi tambang, pengeboran, ventilasi tambang, pengolahan bahan galian, penggalian, bahan peledak dan teknik peledakan, ekonomi mineral, manajemen tambang.

sementara jika kamu mengambil jurusan tambang eksplorasi yang akan kamu pelajari yaitu  mekanika batuan, geoteknik tambang, geologi struktur, manajemen eksplorasi, dan lain-lain.

Nah demikianlah artikel ini tentang tugas kuliah teknik pertambangan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang ingin kuliah jurusan teknik pertambangan. Terima kasih telah singgah 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *