Teknik Perminyakan ITB 2023, Ini Informasi Lengkapnya!

Teknik Perminyakan ITB

Teknik Perminyakan ITB – Program Studi Teknik Perminyakan ITB bertujuan untuk mempersiapkan lulusan-lulusan berprestasi yang siap berkontribusi langsung di bidang hulu migas. Teknik Perminyakan dipimpin oleh Ketua Program Studi Sarjana (Silvya Dewi Rahmawati, S.Si., M.Si., Ph.D.), Ketua Program Studi Magister & Doktor (Zuher Syihab, ST., Ph.D.), dan Ketua Program Studi Magister Geothermal (Dr.Eng. Ir. Sutopo, M.Eng.)

Setiap pengajar di Program Studi Teknik Perminyakan memiliki satu ruangan. Secara keseluruhan, terdapat 20 ruangan dengan luas total sebesar 445 m2. Luas area tiap ruangan bervariasi antara 20 sampai 30 m2.

Setiap ruangan dilengkapi dengan satu sampai tiga komputer yang terhubung dengan jaringan internet LAN dan kursi serta meja untuk mahasiswa dan asisten dosen.

Di gedung Teknik Perminyakan, terdapat 5 ruang kelas. Setiap kelas dilengkapi dengan papan tulis dan video proyektor. Ruang komputer memiliki kapasitas 30 mahasiswa, dan dilengkapi dengan komputer yang terhubung dengan jaringan internet LAN.

Ruang ini pada umumnya dapat digunakan pada hari kerja, mulai pukul 7 pagi hingga pukul 6 sore.

Namun, untuk kondisi tertentu, dapat pula digunakan hingga pukul 11 malam. Ruang kelas tersebut biasanya digunakan untuk keperluan kuliah mahasiswa pascasarjana, sesuai dengan kebijakan ITB yang menyatakan bahwa perkuliahan mahasiswa sarjana bertempat di gedung kuliah umum.

Jika jadwal perkuliahan dan ruangan yang disediakan oleh ITB tidak sesuai dengan jadwal dosen pengajar, maka dosen yang bersangkutan dapat mengajukan perkuliahan di ruangan TM dengan persetujuan kepala program studi.

Teknik Perminyakan ITB Akreditasi

Adapun akreditasi Teknik Perminyakan ITB yaitu sebagai berikut.

  • Teknik Perminyakan S-1 memiliki akreditasi unggul, peraturan ini berlaku dari 28 Juli 2022 sampai 30 September 2023.
  • Teknik Perminyakan S-2 memiliki akreditasi unggul, peraturan ini berlaku dari 29 Maret 2022 sampai 29 Maret 2027
  • Teknik Perminyakan S-3 memiliki akreditasi unggul, peraturan ini berlaku dari 21 Desember 2022 sampai 21 Desember 2027.

Capaian yang akan diraih oleh para lulusan dalam kurun waktu 5 tahun setelah menyelesaikan studi adalah :

  • Ilmu pengetahuan dan teknologi Terapan untuk memecahkan tantangan di industri hulu migas, baik secara individu maupun dalam tim multidisiplin, sebagai pemimpin sekaligus anggota tim, dengan tetap menjunjung tinggi perlindungan lingkungan dan etika profesi.
  • Daya saing diperlukan untuk mengembangkan karir di berbagai bidang hulu migas, antara lain praktik keteknikan, manajemen, bisnis, regulasi, dan pendidikan.
  • Keunggulan kompetitif dalam pembelajaran seumur hidup melalui pendidikan tinggi, penelitian dan kegiatan profesional lainnya yang terus berkembang.

Pada saat lulus, lulusan Teknik Perminyakan ITB memiliki kompetensi sebagai berikut.

  • Kemampuan untuk mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan masalah teknik yang kompleks dengan menerapkan prinsip-prinsip teknik, sains, dan matematika.
  • Kemampuan untuk menerapkan desain rekayasa untuk menghasilkan solusi yang memenuhi kebutuhan tertentu dengan pertimbangan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan masyarakat, serta faktor global, budaya, sosial, lingkungan, dan ekonomi.
  • Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan berbagai audiens.
  • Kemampuan untuk mengenali tanggung jawab etis dan profesional dalam situasi rekayasa dan membuat penilaian yang tepat, yang harus mempertimbangkan dampak dari solusi rekayasa dalam konteks global, ekonomi, lingkungan, dan sosial
  • Kemampuan untuk berfungsi secara efektif dalam tim yang anggotanya bersama-sama memberikan kepemimpinan, menciptakan lingkungan kolaboratif dan inklusif, menetapkan tujuan, merencanakan tugas, dan memenuhi tujuan.
  • Kemampuan untuk mengembangkan dan melakukan eksperimen yang tepat, menganalisis dan menafsirkan data, dan menggunakan penilaian teknik untuk menarik kesimpulan.
  • Kemampuan untuk memperoleh dan menerapkan pengetahuan baru sesuai kebutuhan, menggunakan strategi pembelajaran yang tepat.

Demikianlah sedikit gambaran terkait Teknik Perminyakan ITB. Silakan daftarkan diri kamu kuliah di sini dan semoga bisa berhasil menjadi orang yang ahli dalam bidang Teknik Perminyakan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *