Biaya S2 Teknik Kimia UGM, Berikut Rinciannya!

Biaya S2 Teknik Kimia UGM

Biaya S2 Teknik Kimia UGM – Di era globalisasi saat sekarang ini, peluang karir semakin luas dengan kompetensi kerja yang semakin sulit. Kamu harus mempunyai skill dan kemampuan yang dibutuhkan dimasa akan datang.

Jurusan yang cukup menjanjikan saat sekarang ini adalah jurusan teknik kimia. Seiring perkembangan teknologi, jurusan teknik kimia semakin terdepan yang sangat dibutuhkan di berbagai industri sekarang ini.

Teknik kimia banyak dibutuhkan di bidang energi industri terbarukan, industri minyak dan gas, industri pengolahan limbah, industri kimia, industri obat, industri pangan, industri perancangan alat maupun instansi pemerintahan.

Gaji yang ditawarkan di setiap bidang industri sangat menggiurkan loh sobat. Gimana apakah kamu tertarik dengan jurusan teknik Kimia?

Kampus yang menyelenggarakan jurusan teknik kimia cukup terbatas di Indonesia. salah satu Universitas yang menyelenggarakan jurusan ini yaitu Universitas Gadjah Mada. Kira kira berapa biaya yang dibutuhkan untuk kuliah jurusan teknik kimia?

Daripada penasaran yuk simak ulasan biaya S2 teknik kimia UGM dibawah ini?

S2 Teknik Kimia UGM

Universitas Gadjah Mada atau yang dikenal dengan nama UGM merupakan Universitas pertama yang didirikan oleh pemerintahan Indonesia dan termasuk salah satu kampus favorit yang ada di Indonesia.

Dari segi kualitas pendidikan UGM tidak perlu diragukan lagi. Hal ini dapat dilihat dari akreditasi kampus UGM yang berstatus UNGGUL. Tidak hanya itu, hampir semua jenjang program studi S1, S2, hingga S3 yang terdapat di kampus ini memiliki akreditasi A.

Jurusan Teknik kimia UGM pada bulan Desember tahun lalu berhasil meraih akreditasi dari Institution of chemical Engineers (IChemE).

Institution of chemical Engineers (IChemE) merupakan lembaga akreditasi pendidikan tinggi teknik kimia yang berbasis di London, Inggris sebagai standar mutu pendidikan internasional di bidang teknik kimia.

Satu satunya kampus di Indonesia yang berhasil mendapatkan akreditasi dari lembaga ini yang memiliki kurikulum dengan standar internasional. Teknik kimia UGM dapat disetarakan dengan program teknik kimia di universitas ternama di dunia.

Dengan mutu pendidikan yang sudah bertaraf internasional, untuk masuk ke kampus ini kamu harus melalui proses seleksi yang cukup sulit dengan saingan seluruh siswa yang ada di Indonesia bahkan luar negeri.

Untuk dapat mengenyam pendidikan di kampus bergengsi ini, berapa biaya S2 teknik Kimia UGM?

Sebelumnya, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai jurusan S2 teknik kimia UGM.

Jurusan Teknik Kimia atau Chemical Engineering merupakan cabang ilmu teknik atau rekayasa untuk menghasilkan produk bernilai ekonomis tinggi.

Ilmu Kimia mempelajari proses pengolahan bahan mentah menjadi bahan yang lebih berguna baik berupa barang jadi maupun barang setengah jadi.

Ilmu teknik kimia dapat diaplikasikan dalam perencanaan proses proses kimia dengan mengembangkan suatu teknik produksi.

Jurusan teknik kimia tidak sama dengan program studi kimia. Meskipun memiliki nama yang sama namun yang dipelajari oleh kedua jurusan ini sangat berbeda.

Jurusan teknik kimia tidak akan jauh dari kajian seputar desain molekuler baru, sintesis, dan reaksi kimia untuk mengolah produk baru yang ramah lingkungan.

Biaya S2 Teknik Kimia UGM

Jurusan teknik kimia sangat dibutuhkan di berbagai industri dengan prospek kerja yang sangat menjanjikan dengan gaji yang sangat menggiurkan. Walaupun biaya S2 teknik kimia UGM tergolong mahal, tidak menyurutkan minat mahasiswa baru yang mendaftar jurusan ini.

S2 teknik kimia UGM terbagi menjadi 6 jalur:

Besarnya biaya UKT setiap jalur berbeda beda yaitu sebagai berikut:

  • Jalur reguler dengan biaya kuliah per semester sebesar Rp.12.500.000,-
  • Jalur Beasiswa UGM dengan biaya kuliah per semester sebesar Rp.6.250.000,-
  • Jalur Kerja Sama 1 dengan biaya kuliah per semester sebesar Rp.17.000.000,-
  • Jalur Kerjasama Berbasis Penelitian dengan biaya kuliah per semester sebesar Rp.21.000.000,-
  • Jalur Biaya Sendiri Berbasis Penelitian dengan biaya kuliah per semester sebesar Rp.17.000.000,-
  • Jalur Internasional/ asing dengan biaya kuliah per semester sebesar Rp.37.000.000,-

Nah demikianlah artikel ini tentang Biaya S2 Teknik Kimia UGM. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang ingin kuliah jurusan teknik kimia. Terima kasih telah singgah 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *