Teknik Kimia UNDIP 2023

Teknik Kimia UNDIP

Teknik Kimia UNDIP – Teknik Kimia Universitas Diponegoro (JTKU) berdiri pada tahun 1965. Pada saat itu, Rektor Universitas Diponegoro dijabat oleh Prof. Sunaryo, SH. Berdirinya JTKU memperluas bidang ilmu yang sudah dimiliki oleh Fakultas Teknik-Universitas Diponegoro, yaitu Teknik Sipil dan Arsitektur.

Pendirian JTKU tersebut merupakan wujud dari respon terhadap perkembangan industri terutama industri kimia yang pesat, baik di tingkat nasional maupun di wilayah Jawa Tengah.

Selama 45 tahun terakhir, JTKU telah mengalami dinamika yang positif untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, terutama dalam merespon perkembangan dunia pendidikan teknik kimia, kebutuhan industri/masyarakat, dan kebijakan pemerintah.

Teknik Kimia UNDIP Akreditasi

Pada tanggal 12 September 2008 Jurusan Teknik Kimia telah terakreditasi A melalui SK BAN-PT No. 029/BAN-PT/Ak-XI/S1/XI/2008. Sebagai respon terhadap visi Universitas Diponegoro menjadi universitas riset pada tahun 2020, program pasca sarjana pun telah didirikan, yaitu program Magister Teknik Kimia (S2) pada tahun 2005.

Pada tahun 2012 ini, program Doktor Teknik Kimia (S3) direncanakan dibuka. Hingga saat ini, JTKU sudah menghasilkan lebih dari 3000 lulusan sarjana (S1) dan kurang lebih 30 lulusan pasca sarjana (S2) yang telah bekerja di industri, lembaga pemerintah, BUMN, swasta maupun asing, serta menjadi wirausahawan.

Kerjasama riset, publikasi dan aplikasi teknologi juga telah banyak dilakukan baik dengan institusi dari dalam maupun luar negeri.

Sistem pendidikan di JTKU juga mengalami perkembangan yang pesat ditandai dengan diraihnya nilai terakreditasi A (dalam 15 tahun terakhir) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), dan dalam proses penilaian internasional oleh ASEAN University Network (AUN) Assessment Committee.

Untuk akreditasi sekarang, Teknik Kimia UNDIP, masih tetap mempertahankan akreditasi A nya. Hal tersebut terdapat pada SK BAN-PT No. 3188/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2019. Sertifikat akreditasi program studi ini berlaku  sejak tanggal 27 Agustus 2019 sampai dengan 27 Agustus 2024.

Teknik Kimia UNDIP Passing Grade

Berikut gambaran passing grade Teknik Kimia UNDIP.

  • Passing Grade SNMPTN SAINTEK UNDIP

Daya Tampung : 42

Peminat : 563

Keketatan : 1:13

  • Passing Grade SBMPTN SAINTEK UNDIP

Daya Tampung : 63

Peminat : 681

Keketatan : 1:11

Demikianlah pembahasan tentang Teknik Kimia UNDIP. Semoga artikel ini dapat membantu kamu semua yang sedang membutuhkan informasi terkait kampus UNDIP. Untuk info yang lebih detail kamu boleh langsung cek di situs web resmi kampus tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *