Teknik Elektro UNAND, Ini Info Lengkapnya!

Teknik Elektro UNAND

Teknik Elektro UNAND, Bagi kalian yang ingin mengetahui informasi lebih mengenai salah satu jurusan Teknik yang ada di Kampus Universitas Andalas.

Di bawah ini nantinya kami akan membahas mengenai Teknik Elektro UNAND. Mari kita mulai dulu dari sejarah Teknik Elektro UNAND.

Sejarah Berdiri Teknik Elektro UNAND

Departemen Teknik Elektro UNAND merupakan hasil pengembangan jurusan yang telah ada di Fakultas Teknik Universitas. Rencana pembukaan Program Studi Sarjana Teknik Elektro mulai disusun sejak tahun 1991.

Penerimaan mahasiswa pertama kali dilakukan pada tahun akademik 1994/1995 di bawah jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Andalas. Lalu, mulai tahun akademik 2000/2001.

Program studi Sarjana Teknik Elektro sudah dapat melakukan penerimaan mahasiswa baru langsung, baik melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN) maupun Penelusuran Minat dan Bakat (PMKD). Hal ini berdasarkan surat keputusan Dirjen Dikti No 85/Dikti/Kep/1999.

Lokasi Kampus Teknik Elektro UNAND

Departemen Teknik Elektro awalnya berlokasi di kampus Air Tawar. Lalu pada pertengahan tahun 2000, aktivitas akademik mulai berpindah ke kampus baru Universitas Andalas di Limau Manis.

Kampus ini dilengkapi dengan peralatan laboratorium, teaching aids, buku perpustakaan melalui program EEDP.

Selain itu juga terdapat bantuan peralatan praktikum dan penelitian dari HEDS-JICA. Pada tahun 2002, Laboratorium Sentral Telepon Otomat (STO) , yang merupakan hibah PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk diresmikan oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat.

Kurikulum Teknik Elektro UNAND

Kurikulum pertama yang digunakan oleh Program Studi Sarjana Teknik Elektro adalah kurikulum tahun 1994. Kurikulum ini berbasis bidang studi teknik tenaga listrik namun juga diperkuat dengan beberapa mata kuliah dalam bidang studi teknik kendali dan elektronika.

Pada tahun 2002 dilakukan evaluasi dan pengembangan kurikulum. Pada kurikulum tahun 2002 ini, Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas di kembangkan menjadi dua.

Pengembangan kurikulum berikutnya pada tahun 2016, Program Studi Teknik Elektro telah memiliki tiga bidang peminatan yaitu Teknik Tenaga Listrik, Telekomunikasi dan Kendali.

Lalu pada kurikulum 2016 tersebut Program Studi Sarjana Teknik Elektro telah menerapkan outcome base education. Kurikulum 2016 telah diperbaharui kembali pada tahun 2020.

Lulusan Pertama Teknik Elektro UNAND

Departemen Teknik Elektro Universitas Andalas untuk pertama kali menghasilkan lulusan pada tahun akademik 1999/2000.

Departemen Teknik Elektro Universitas Andalas saat ini telah berkiprah dalam berbagai bidang, seperti menjadi akademisi, peneliti maupun bekerja pada perusahaan dalam dan luar negri. Alumni Departemen Teknik Elektro saat ini bergabung dalam sebuah ikatan alumni.

Pengembangan Program Studi Teknik Elektro UNAND

Mulai tahun 2011, Departemen Teknik Elektro Universitas Andalas telah membuka program studi baru, yaitu Program Studi Magister Teknik Elektro Universitas Andalas.

Lalu, pada tahun 2022 Program Studi Doktor Teknik Elektro Universitas Andalas juga resmi menerima mahasiswa baru pertama kali.

Visi

Menjadi institusi pendidikan tinggi Teknik Elektro yang berkualitas dengan reputasi nasional dan internasional.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan tinggi elektro yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam pasar global.

  1. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas dalam bidang teknik elektro yang diakui secara nasional dan internasional.
  2. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dalam bidang teknik elektro yang bermanfaat bagi masyarakat.

Tujuan

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi teknik elektro yang berkualitas.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang bermanfaat.
  4. Menciptakan kehidupan kemahasiswaan yang kondusif dan sejahtera.
  5. Menciptakan sistem pengelolaan jurusan yang efektif dan effisien.

Akreditasi Jurusan Ini

Berdasarkan keputusan dari Badan Akreditasi Perguruan tinggi negeri Teknik Elektro UNAND Akreditasi “Unggul” dengan No SK 2716/SK/BAN-PT/Akred-Intl/S/IV/2021 dan Akreditasi ini mulai berlaku 05 Mei 2021 sampai dengan  31 Maret 2026.

Jika kalian bertanya mengenai Mata Kuliah Teknik Elektro UNAND, kalian bisa melihat Mata Kuliah Teknik Elektro UNAND melalui link ini.

Walaupun masih versi lama, tapi setiap tahun Mata Kuliah Teknik Elektro UNAND pasti ada, cuma ada beberapa pola ajar yang berbeda.

Nah itulah informasi mengenai Teknik Elektro UNAND, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan kami ucapkan terima kasih telah membaca.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *