Jurusan Statistika di UNP, Download Link Akreditasinya!

Jurusan Statistika di UNP

Jurusan Statistika di UNP merupakan kelompok Prodi SAINTEK untuk Program Sarjana (S1). Daya tampung tahun 2021 untuk SBMPTN adalah sejumlah 34 mahasiswa, sedangkan untuk SNMPTN adalah sejumlah 19 mahasiswa.

Kapasitas penerimaan jalur SBMPTN / UTBK tahun 2021 adalah sejumlah 34 mahasiswa (sekitar 16.59% terhadap jumlah peminat tahun sebelumnya). Tahun 2020 tercatat sejumlah 205 pendaftar.

Jurusan Statistika mempelajari statistika dan penerapannya di berbagai bidang, khususnya di bidang industri dan bisnis, komputasi, ekonomi finansial dan aktuaria, sosial dan kependudukan, serta lingkungan dan kesehatan. 

Mahasiswa jurusan akan belajar cara mengumpulkan data, menganalisis, hingga menyajikan dan menginterpretasikan data agar dapat dibaca serta dipahami.

Kuliah Statistika artinya kita belajar tentang pengumpulan, penggolongan, analisis, interpretasi, hingga presentasi data. 

Data statistik yang dihasilkan atau dipresentasikan harus mudah dipahami. Pasalnya, informasi yang yang diperoleh dari presentasi data tersebut akan digunakan untuk berbagai kepentingan, terutama untuk pengambilan keputusan.

Karena masih menjadi bagian dari Matematika, pemahaman Matematika yang baik mutlak diperlukan kalau kalian Pintar ingin survive di Jurusan Statistika. Namun jagoan Matematika saja tak cukup. Kalian juga harus punya kemampuan organisasi dan analisis data. 

Karena data yang diolah harus dipresentasikan, kemampuan komunikasi anak Statistika juga harus baik. Pula, mahasiswa yang kuliah Statistika itu rata-rata adalah sosok problem solver yang keren.

Gelar yang diperoleh Sarjana Statistika adalah (S.Si) atau (S.Stat) sesuai Universitas tempat menempuh pendidikan. Prospek kerja jurusan ini terbilang cukup luas karena ahli data di butuhkan hampir di setiap perusahaan. 

Sarjana Statistika dapat bekerja di Instansi Bidang Konsultan Riset, Quality Assurance, Riset dan Perkembangan, Analisis Data, Bank Pemerintah dan Swasta, Riset Pasar, Badan Pusat Statistik (BPS), Pemerintah Daerah, Industri, dan lain-lain.

Visi Jurusan Statistika di UNP  Menghasilkan lulusan Statistika yang unggul di tingkat nasional khususnya pada bidang kependidikan, pemerintahan, ekonomi dan lingkungan.

Akreditasi Jurusan Statistika di UNP 

Untuk kalian yang ingin tahu akreditasi Jurusan Statistika di UNP kalian bisa klik link ini (http://statistika.fmipa.unp.ac.id/akreditasi/ )

Nah itulah informasi mengenai Jurusan Statistika di UNP, semoga bermanfaat bagi kalian semua dan terima kasih telah membaca. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *