Jurusan Jurnalistik UI, Cek Disini!

Jurusan Jurnalistik UI – Jurnalis kini telah menjadi sebuah profesi yang cukup digemari. Tak heran jika sekarang ini jurusan Jurnalistik di berbagai perguruan tinggi kian banyak peminatnya. 

Terlebih, banyak kampus terbaik di Indonesia baik negeri maupun swasta yang menyediakan jurusan ini salah satunya kampus UI.

Jurusan Jurnalistik UI 2023

Jurusan Jurnalistik mengajak mahasiswa mendalami dunia jurnalistik beserta karakter dan dinamika yang terjadi di berbagai media massa (televisi, radio, cetak, dan online). 

Mahasiswa akan mempelajari bagaimana suatu informasi didistribusikan melalui media massa, dan mengetahui karakter masing-masing media beserta perubahannya. Dalam perkuliahan, mahasiswa akan belajar berbagai hal termasuk mencari, menulis, serta menyunting berita. 

Kemampuanmu menyampaikan pesan melalui berbagai media massa akan terus diasah selama mengenyam pendidikan di jurusan ini. Umumnya, Jurnalistik menjadi salah satu pilihan konsentrasi di Jurusan Ilmu Komunikasi. 

Menyandang akreditas A dari BAN-PT, Universitas Indonesia (UI) telah menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal untuk para mahasiswanya.

Jika kamu tertarik mengambil jurusan Jurnalistik di UI nantinya tidak akan dibebani dengan uang gedung dan biaya kuliah karena akan disesuaikan dengan pendapatan wali masing-masing.

Sebagai info tambahan, kamu bisa mengambil peminatan Jurnalistik pada jurusan Ilmu Komunikasi melalui beragam jalur seleksi mahasiswa baru di Universitas Indonesia, seperti SNMPTN, SBMPTN, PPKB UI-Paralel, Talent Scouting, dan SIMAK UI.

Saat ini banyak perusahaan media yang membutuhkan seorang lulusan jurusan Jurnalistik. Di mana, banyak posisi yang mereka tawarkan mulai dari penyiar berita, pembawa acara, pengarah acara di televisi, jurnalis lapangan, editor, fotografer, hingga menjadi produser sebuah film maupun acara televisi. 

Bahkan banyak juga perusahaan di luar media juga yang membutuhkan seorang lulusan jurusan jurnalistik.

Terlebih, Indonesia menganut kebebasan pers yang independensinya diatur dalam Undang-undang. Itu artinya, perkembangan dunia jurnalistik terus berkembang dari waktu ke waktu. Apalagi, digitalisasi membawa perubahan penting dalam jurnalistik. Di mana beragam informasi sangat mudah diakses masyarakat.

Demikianlah pembahasan terkait jurusan Jurnalistik UI. Jika kamu tertarik menjadi seorang jurnalis dan pekerjaan lain yang berhubungan dengan jurnalistik, kampus UI patut kamu pertimbangkan. Kampus ini termasuk salah satu kampus terbaik yang ada di Indonesia. Jadi, semoga impianmu menjadi seorang yang ahli di bidang jurnalistik bisa tercapai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *