Jurusan Statistika di UNPAD, Cek Disini!

Jurusan Statistika di UNPAD

Jurusan statistika di unpad – Universitas Padjadjaran atau dikenal dengan singkatan Unpad merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. Unpad berdiri pada 11 September 1957, dengan lokasi kampus di Bandung. 

Jurusan Statistika di UNPAD 2023

Saat ini, Unpad berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2014 tentang Penetapan Unpad sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum ditandatangani Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, pada 17 Oktober 2014. 

Setelah itu, Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2015 tentang Statuta Universitas Padjadjaran ditandatangani Presiden RI, Joko Widodo, pada 22 Juli 2015. Banyak sekali jurusan yang ada di unpad yang memiliki akreditasi yang baik. Salah satunya jurusan statistik unpad.

jurusan Statistika mempelajari statistika dan penerapannya di berbagai bidang, khususnya di bidang industri dan bisnis, komputasi, ekonomi finansial dan aktuaria, sosial dan kependudukan, serta lingkungan dan kesehatan. 

Mahasiswa jurusan akan belajar cara mengumpulkan data, menganalisis, hingga menyajikan dan menginterpretasikan data agar dapat dibaca serta dipahami. Akreditasi dari program studi S-1 Statistika UNPAD ini telah mendapatkan peringkat “A”. 

Peringkat tersebut berdasarkan surat keputusan nomor 3175/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2017 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi

Keunggulan bersaing kompetensi erat kaitannya dengan kreativitas, inovasi, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan tuntutan yang terus berubah di tempat kerja. 

Terkait hal tersebut, tujuh bidang minat dikembangkan oleh program studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad yakni (1) Aktuaria dan Keuangan, (2) Biomedis, (3) Multivariate, (4) Regresi dan Time Series, (5) Data Kategori, (6) Riset Operasi, 

Desain Eksperimen, dan Quality Control, serta (7) Non Parametrik. Proses perkuliahan di Program Statistika FMIPA Unpad didukung oleh fasilitas ruang kuliah lengkap dengan multimedia pengajaran, perpustakaan, 

Laboratorium Komputasi Pengajaran, Laboratorium Komputasi Tugas Akhir, dan Laboratorium Bahasa Inggris

Statistika merupakan ilmu yang mempelajari proses pengumpulan data (sampling), pengolahan data, penyajian data, analisis data, dan pengambilan keputusan berdasarkan data. 

Kompetensi yang diajarkan dalam mencapai kelima tujuan tersebut meliputi Strong Basic Statistics (yakni kompetensi untuk data collecting, eksplorasi data, metode analisis data, teoritis, dan aplikasi teori serta metode yang dipelajari dalam kasus riil secara mandiri), 

Excellent Soft Skill (yakni kompetensi untuk komunikasi, adaptasi (team work, under pressure, inisiatif), entrepreneurship, integritas/kejujuran, dan manajerial), serta Computation Skill (yakni kompetensi data processing menggunakan software statistic, programming, dan simulasi). 

Untuk menyelesaikan kuliah sarjana, normalnya bisa diselesaikan selama 8 semester atau 4 tahun. Namun, bisa saja kegiatan perkuliahan kurang dari 8 semester dan bisa juga lebih dari 8 semester.

Semua itu tergantung dari semangatmu dalam menjalani perkuliahan. Pastinya, program studi S-1 Statistika UNPAD ini bisa kamu daftar melalui berbagai jenis jalur masuk. Jalur masuk tersebut antara lain:

  • Jalur SNMPTN – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Dikenal juga dengan jalur undangan dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik selama sekolah Jalur UTBK SBMPTN – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jalur ini menggunakan nilai UNBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) untuk memilih program studi yang kamu inginkan.
  • Jalur Mandiri (SMUP UNPAD) – Seleksi ini merupakan jalur yang diselenggarakan oleh pihak kampus Universitas Padjadjaran secara mandiri.

Ilmu statistika sangat dibutuhkan di banyak bidang kehidupan. Apalagi, saat ini perkembangan teknologi informasi membuat semakin populernya istilah big data dalam dunia statistika.

Peluang kerja dari statistika antara lain dalam bidang Asuransi, Perbankan, Teknologi Informasi, Ekonomi, Pemerintahan, Pendidikan, dan masih banyak lagi. Kamu bisa berkarir sebagai Data Saintis, Data Engineer, Software Engineer, Data Analyst, Peneliti Pasar, maupun Pengusaha.

Gelar yang diperoleh Sarjana Statistika adalah (S.Si) atau (S.Stat) sesuai Universitas tempat menempuh pendidikan. Prospek kerja jurusan ini terbilang cukup luas karena ahli data dibutuhkan hampir di setiap perusahaan. 

Sarjana Statistika dapat bekerja di Instansi Bidang Konsultan Riset, Quality Assurance, Riset dan Perkembangan, Analisis Data, Bank Pemerintah dan Swasta, Riset Pasar, Badan Pusat Statistik (BPS), Pemerintah Daerah, Industri, dan lain-lain

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang jurusan statistika di unpad, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *