Statistik Kehutanan Indonesia 2023

Statistik Kehutanan Indonesia

Statistik Kehutanan Indonesia 2023 – Hello sobat, kali ini kita kembali lagi dengan berita terbaru terkait dengan hal-hal menarik setiap harinya. Kali ini akan ada informasi mengenai Statistik Kehutanan.

Statistik Kehutanan Indonesia

Kehutanan adalah suatu praktik untuk membuat, mengelola, menggunakan dan melestarikan hutan untuk kepentingan manusia.

Undang-Undang Republik Indonesia No 41 tahun 1999 tentang kehutanan, definisi kehutanan adalah sistem pengurusan yang bersangkut paut dengan hutan, kawasan hutan, dan hasil hutan yang diselenggarakan secara terpadu.

Menurut Simon (1998), perkembangan teori pengelolaan hutan dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori, yaitu kategori kehutanan konvensional dan kategori kehutanan modern (kehutanan sosial).

Kehutanan Konvensional

Teori pengelolaan hutan yang termasuk ke dalam kehutanan konvensional adalah penambangan kayu atau timber extraction (TE) dan perkebunan kayu atau timber management (TM).

Kehutanan Modern

Kehutanan sosial adalah pengelolaan hutan sebagai sumberdaya atau forest resource management (FRM) dan pengelolaan hutan sebagai ekosistem atau forest ecosystem management (FEM).

Keduanya disebut juga dengan istilah lain Sustainable Forestry Management (SFM). Ketiga teori pengelolaan hutan tersebut, secara evolutif berkembang, sejak dari mulai penambangan kayu (TE) hingga sampai pada pengelolaan ekosistem hutan (FEM).

Kehutanan merupakan aspek ekologis yang berada di atas permukaan bumi, kehutanan dari segi pembentukannya terdiri dari 2 (dua) cara, yaitu terbentuk alamiah dan buatan.

Perkembangan tehnologi telah menciptakan teori yang dapat mengembalikan fungsi hutan alam, dengan dasar tersebut pengelolaan hutan lebih dititikberatkan kepentingan secara menyeluruh.

Bumi dengan segala macam di dalam dan di permukaan dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh manusia sebagai penghuninya.

Pengelolaan hutan sebaiknya diselaraskan dengan pengelolaan sumber daya alam yang lainnya, sehingga pemanfaatan sumber daya dapat terjalin dengan baik dan menguntungkan.

Hutan Indonesia adalah salah satu yang terkaya di bumi dan paling beragam secara biologis. Pemerintah Indonesia telah mengklasifikasikan lebih dari 120 juta hektare luas hutan di Indonesia, hampir dua kali luasnya Negara Prancis.

Dari 120 juta hektare tersebut, hutan Indonesia dibagi menjadi tiga, yakni sebesar 18%-nya dijadikan  taman nasional, 25% untuk hutan lindung, dan sisanya 57% menjadi hutan produksi. Total kawasan hutan yang ditujukan untuk produksi adalah 69 juta hektare.

Namun, hanya 45% dari lanskap yang dilisensikan untuk perusahaan swasta sebagai hutan produksi alami atau perkebunan kayu.

Hal ini menempatkan 55% dari hutan produksi yang tersisa tidak termasuk dalam sistem perizinan konsesi dan sangat berisiko, karena tidak ada lembaga yang memastikan tata kelola hutan tersebut.

Statistik Kehutanan 2023

Statistik Indonesia 2023 merupakan publikasi BPS yang menyajikan beragam jenis data yang bersumber dari BPS dan institusi lain. Ini termasuk juga statistik kehutanan 2023.

Publikasi ini memuat gambaran umum tentang keadaan geografi dan iklim, pemerintahan, serta perkembangan kondisi sosial-demografi dan perekonomian di Indonesia.

Beberapa tabel tertentu menyajikan data pada tingkat provinsi dan internasional untuk melihat perbandingan antarwilayah dan antarnegara. Untuk memudahkan pemahaman dan pemanfaatan data, disertakan juga penjelasan teknis dari setiap jenis statistik yang disajikan.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Statistik Kehutanan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *