Berpindah-pindah pekerjaan adalah hal yang wajar

Berpindah-pindah pekerjaan adalah hal yang wajar

Berpindah-pindah pekerjaan adalah hal yang wajar….

PNS sendiri merupakan pegawai ASN yang diangkat sebagai pegawai tetap oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dan bertugas menduduki suatu jabatan pemerintahan.

Sedangkan PPPK adalah pegawai ASN yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam jangka waktu tertentu dan diangkat berdasarkan perjanjian/kontrak kerja.

Sementara itu, pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 dilangsungkan secara bersamaan pada 20 September – 9 Oktober 2023. Pendaftaran dilakukan secara online melalui portal resmi SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id/

Setelah melakukan pendaftaran dan lolos seleksi administrasi, maka pelamar CPNS dan PPPK akan masuk ke tahap seleksi selanjutnya. Dari sinilah CPNS dan PPPK mulai menjalani tahapan seleksi yang berbeda.

Seleksi CPNS 2023 Berdasarkan informasi dari BKD Sulteng, seleksi CPNS 2023 terbagi menjadi tiga, yaitu:

Seleksi administrasi Seleksi administrasi merupakan tahapan paling awal dalam seleksi CPNS. Saat pendaftaran, pelamar diwajibkan mengunggah sejumlah berkas/dokumen yang menjadi persyaratan.

Panitia kemudian akan melakukan verifikasi antara dokumen yang diunggah pelamar dengan syarat yang sudah ditetapkan. Jika berkasnya lengkap dan sesuai syarat, maka pelamar dinyatakan lolos seleksi dan berhak mengikuti tahap seleksi berikutnya.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) SKD bertujuan untuk menilai apakah kompetensi para pelamar sudah sesuai dengan standar kompetensi dasar PNS.

SKD dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) danterdiri dari tiga materi soal, yaitu:

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) TWK adalah ujian untuk menilai kemampuan dan pengetahuan yang berkaitan dengan kebangsaan.

Soal-soalnya akan berhubungan dengan materi nasionalisme, integritas, bela negara, hingga pilar negara yang berkaitan dengan pemahaman dan pengamalan Pancasila serta UUD 1945.

Tes Intelegensia Umum (TIU) TIU adalah tes yang bertujuan untuk mengukur beberapa kemampuan berikut: Kemampuan verbal Terdiri dari analogi (kemampuan nalar melalui perbandingan), silogisme (kemampuan mengambil kesimpulan), dan analitis (kemampuan menganalisis informasi dan menarik kesimpulan).

Kemampuan numerik Terdiri dari berhitung, deret angka (kemampuan melihat pola hubungan angka), perbandingan kuantitatif (kemampuan menarik kesimpulan dari dua data kuantitatif), dan soal cerita (kemampuan analisis kuantitatif).

Kemampuan figural Terdiri dari analogi (kemampuan nalar melalui perbandingan), ketidaksamaan (kemampuan melihat perbedaan beberapa gambar), serial (kemampuan melihat pola hubungan dalam gambar).

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) TKP memuat soal tentang contoh kasus yang ada di lingkungan sekitar. Setiap soal memiliki lima pilihan jawaban berbeda untuk menggambarkan bagaimana peserta memposisikan diri dalam contoh kasus yang diberikan.

Pada dasarnya tidak ada jawaban benar dan salah pada tes ini karena masing-masing jawaban akan menunjukkan karakteristik peserta.

TKP bertujuan untuk menilai kemampuan dan pengetahuan peserta dalam hal pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, hingga anti radikalisme.

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Peserta yang dinyatakan lolos SKD berhak mengikuti tahap SKB. Pada tahap ini, pelamar akan diuji berdasarkan kompetensi bidang yang dimiliki dan apakah memang sudah sesuai dengan kebutuhan jabatan.

SKB akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang bertujuan mengasah kemampuan serta keterampilan pelamar berkaitan dengan jabatan yang ia pilih.

Berikut ini contoh soal SKD CPNS 2023:

Berpindah – pindah pekerjaan adalah hal yang wajar.

A. Saya tidak berpendapat bahwa karyawan harus setia terhadap perusahaannya

B. Saya meyakini nilai – nilai yang mengatakan bahwa loyalitas terhadap pekerjaan adalah sikap yang terpuji

C. Pekerjaan saya saat ini tidak dapat menjamin masa depan saya

D. Saya meyakini bahwa loyalitas itu penting, sehingga saya merasakan pentingnya tanggung jawab moral karyawan

E. Saya menyukai pekerjaan saya, tetapi jika ada pekerjaan yang lebih baik saya tidak ragu untuk pindah

Berdasarkan pilihan diatas, jawaban yang paling benar adalah: D. Saya meyakini loyalitas itu penting.

Dari hasil voting 987 orang setuju jawaban D benar, dan 0 orang setuju jawaban D salah.

Berpindah-pindah kerja adalah hal yang wajar. Bagi saya saya meyakini loyalitas itu penting.

Pembahasan dan Penjelasan

Jawaban A. Saya tidak berpendapat bahwa karyawan harus setia terhadap perusahaannya. menurut saya kurang tepat, karena kalau dibaca dari pertanyaanya jawaban ini tidak nyambung sama sekali.

Jawaban B. Saya menyakini nilai-nilai yang mengatakan bahwa loyalitas terhadap pekerjaan adalah sikap yang terpuji menurut saya ini 100% salah, karena sudah melenceng jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban C. Pekerjaan saya saat ini tidak dapat menjamin masa depan saya menurut saya ini juga salah, karena dari buku yang saya baca ini tidak masuk dalam pembahasan.

Jawaban D. Saya meyakini loyalitas itu penting menurut saya ini yang paling benar, karena kalau dibandingkan dengan pilihan yang lain, ini jawaban yang paling pas tepat, dan akurat.

Jawaban E. Saya suka dg pekerjaan saya tapi jika ada pekerjaan yang lebih baik saya tidak ragu untuk pindah menurut saya ini salah, karena setelah saya cari di google, jawaban tersebut lebih tepat digunkan untuk pertanyaan lain.

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa disimpulkan pilihan jawaban yang benar adalah D. Saya meyakini loyalitas itu penting.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Berpindah-pindah pekerjaan adalah hal yang wajar, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *