Pada saat menjelang perayaan HUT Republik Indonesia sering diadakan pawai dan perlombaan untuk memeriahkannya. Bentuk keikutsertaan Anda untuk memeriahkannya adalah dengan

Pada saat menjelang perayaan HUT Republik Indonesia sering diadakan pawai dan perlombaan untuk memeriahkannya. Bentuk keikutsertaan Anda untuk memeriahkannya adalah dengan

Pada saat menjelang perayaan HUT Republik Indonesia sering diadakan pawai dan perlombaan untuk memeriahkannya. Bentuk keikutsertaan Anda untuk memeriahkannya adalah dengan…..

Berikut adalah salah satu contoh soal yang bisa kalian pelajari : 

Pada saat menjelang perayaan HUT Republik Indonesia sering diadakan pawai dan perlombaan untuk memeriahkannya. Bentuk keikutsertaan Anda untuk memeriahkannya adalah dengan

a. Memasang bendera 

b. Menyanyikan lagu Indonesia Raya 

c. Menikmati hari libur tanggal 17 Agustus 

d. Menyumbang untuk kegiatan 

e. Menonton perlombaan 

Jawaban : a

Pembahasan : Tujuan utama mengibarkan bendera merah putih selama bulan Agustus yaitu sebagai peringatan hari Kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus. Pengibaran bendera merah putih ini telah dilakukan sejak hari diproklamirkan Kemerdekaan Indonesia.

Bendera Pusaka merupakan bendera pertama yang dikibarkan pada saat kemerdekaan Indonesia, yaitu pada 17 Agustus 1945.

Bendera ini dijahit oleh Ibu Fatmawati yang merupakan istri dari presiden pertama Indonesia, Bapak Soekarno.

Bendera Pusaka sering disebut juga sebagai Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih. Sejak tahun 1946 sampai 1968, bendera ini terus dikibarkan setiap 17 Agustus.

Menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus, kita banyak menjumpai bendera Merah Putih berkibar. Tidak hanya di lingkungan institusi pemerintahan, bendera Merah Putih juga berkibar di sepanjang jalan hingga di depan rumah yang dilewati. 

Selama satu bulan penuh, bendera Merah Putih memang biasanya dikibarkan sebagai simbol merayakan kemerdekaan Indonesia, hasil perjuangan para pendahulu bangsa. 

Pengibaran dan pemasangan 

Pengibaran atau pemasangan bendera dilakukan antara waktu matahari terbit dan terbenam, meskipun dalam situasi tertentu dibenarkan untuk dilakukan pada malam hari. 

Ada sejumlah kondisi atau waktu bendera Merah Putih wajib untuk dikibarkan, baik warga negara Indonesia, semua pihak yang tinggal di Indonesia, dan Kedutaan Besar RI di berbagai penjuru dunia.

Misalnya saat setiap peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia, peringatan hari besar nasional, atau peringatan lain. 

Karena wajib hukumnya, jika ada masyarakat yang tidak mampu membeli bendera untuk dipasang, hal tersebut menjadi kewajiban pemerintah untuk memberikannya.

Fungsi 

Selain untuk memperingati hari besar nasional, bendera Merah Putih juga bisa digunakan sebagai tanda perdamaian apabila tengah terjadi konflik horizontal. 

Fungsi lain, bendera ini bisa dugunakan untuk tanda berkabung dan penutupan peti jenazah orang-orang tertentu yang dianggap penting dan berjasa bagi negara. 

Pada saat digunakan untuk menyatakan berkabung, maka bendera akan dikibarkan setengah tiang, tidak penuh hingga ke pucuk tiang

Diatur oleh Undang-Undang

Bukan hanya sebagai tradisi yang dilakukan sejak Proklamasi Kemerdekaan, ternyata pengibaran bendera merah putih juga diatur oleh undang-undang.  

Peraturan tersebut tertulis di Pasal 7 Ayat 3, Undang-Undang nomor 214 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Dalam Undang-Undang ini, disebutkan kalau bendera negara wajib untuk dikibarkan pada setiap peringatan hari Kemerdekaan bangsa Indonesia pada 17 Agustus. 

Selain diatur dalam Undang-Undang, mengibarkan bendera merah putih pada 17 Agustus juga merupakan salah satu bentuk cinta Indonesia. Makna lain dari mengibarkan bendera merah putih selama bulan Agustus atau menjelang hari kemerdekaan adalah tanda bahwa kita menghargai sejarah.

Sebab, negara yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai sejarah. Maka dengan mengetahui sejarah, kita jadi tahu asal usul bangsa Indonesia.

Mengibarkan bendera merah putih di bulan Agustus juga menjadi salah satu upaya menanamkan jiwa nasionalisme kepada diri sendiri.

Nah itulah informasi yang bisa kami bagikan, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *