Semua penyelam adalah perenang. Sementara penyelam adalah pelaut

Semua penyelam adalah perenang. Sementara penyelam adalah pelaut

Semua penyelam adalah perenang. Sementara penyelam adalah pelaut….

Berikut adalah salah satu contoh soal yang bisa kalian pelajari : 

Semua penyelam adalah perenang. Sementara penyelam adalah pelaut.

A.Sementara pelaut adalah perenang
B. Sementara perenang bukan penyelam
C. Semua pelaut adalah perenang
D. Sementara penyelam bukan pelaut
E. Sementara penyelam bukan perenang

Jawaban : D. Sementara Penyelam Bukan Pelaut 

Pembahasan : 

Jika kalian bertemu dengan pertanyaan diatas, langkah yang perlu kalian ketahui adalah maksud dari Soal tersebut, dari soal diatas merupakan Penarikan kesimpulan. 

Penarikan kesimpulan dalam logika matematika tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, ada aturan yang perlu diperhatikan supaya menghasilkan kesimpulan yang benar dan valid.

Dalam kehidupan kesimpulan itu adalah salah satu hal yang penting akan tetapi tidak mudah untuk bisa mendapatkan kesimpulan tersebut. 

Sebenarnya ada logika matematika penarikan kesimpulan yang akan bisa membantu kita dalam mengambil sebuah kesimpulan dengan lebih mudah. Dari pembelajaran materi matematika tersebut.

Logika sendiri sebenarnya merupakan salah satu bagian dari ilmu filsafat yang akan membuat kita mengambil kesimpulan. Logika dalam ilmu filsafat sendiri berarti sebuah hasil pertimbangan akal pikiran yang kemudian diutarakan lewat kata. 

Dalam logika sendiri ada proses penalaran yang dilakukan dari segi ketepatannya, dan dalam matematika ada beberapa metode dalam logika. 

Dasar Dalam Matematika Penarikan Kesimpulan

Logika dan juga penarikan kesimpulan itu adalah satu hal yang tidak terpisahkan dan matematika bisa membantu kita. Kita bisa mempergunakan beberapa logika matematika untuk bisa melakukan penarikan kesimpulan tersebut. 

Dan dalam logika matematikanya sendiri ada beberapa dasar yang mungkin harus dipelajari dan juga dipahami seperti pernyataan dan juga kuantor. 

Pengertian Pernyataan

Hal yang paling mendasar dari penalaran pada matematika dalam penarikan kesimpulan itu adalah pernyataan. Pernyataan sendiri merupakan kalimat deklaratif yang bisa bernilai benar atau salah, jadi hanya bisa benar atau salah. 

Pernyataan itu ada 2 yakni pernyataan utama dan ingkaran, untuk pernyataan ada yang majemuk. Ini adalah dasar dalam logika matematika penarikan kesimpulan. 

Pernyataan Majemuk

Pernyataan majemuk itu adalah sebuah pernyataan yang terdiri dari 2 pernyataan dengan beberapa penghubung yang bisa digunakan. Setiap kata hubung tentu akan berpengaruh tersendiri pada penarikan kesimpulan termasuk dalam logika matematika. 

Oleh karena itulah kita harus mengerti dulu setiap jenis penghubung dalam pernyataan majemuk, berikut ini penjelasannya. 

  1. Konjungsi

Konjungsi itu adalah kalimat atau pernyataan majemuk yang menggunakan kata penghubung ‘dan’. Konjungsi ini akan bisa bernilai benar kalau 2 pernyataan itu bernilai benar, namun kalau ada satu salah maka akan bernilai salah. Dalam persamaan itu p dan q, kalau ingkaran berarti ~(p dan q) jadi ~ p atau ~ q.

  1. Disjungsi

Disjungsi itu adalah pernyataan majemuk dengan penghubung kata ‘atau’, secara matematis itu berarti p atau q. Disjungsi bernilai benar kalau salah satu pernyataan benar atau kedua pernyataan benar. Untuk nilai ingkarannya dari p atau q itu adalah ~ p dan ~ q

  1. Implikasi 

Implikasi adalah pernyataan majemuk yang menggunakan jika dan maka, secara matematis ditulis p => q. Di sini p itu adalah penyebab dan q itu adalah konsekuensi atau akibat, penilaian implikasi dari pernyataan majemuk itu adalah sebagai berikut. 

  1. Jika p benar dan q benar, maka implikasinya benar
  2. Jika p benar dan q salah, maka implikasinya salah
  3. Jika p salah dan q salah, maka implikasinya benar
  4. Jika p salah dan q benar, maka implikasinya benar

Untuk ingkaran dari implikasi p=>q itu adalah p ^ ~ q. Berikut ini kami akan berikan contoh pernyataannya. 

Nah dari penjelasan kami diatas, kalian sudah mengerti caranya melakukan penarikan kesimpulan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *