Pengertian Obstetri Adalah

Obstetri

Obstetri adalah ilmu yang mempelajari tentang persalinan atau kehamilan baik itu dari proses konsultasi sebelum pembuahan sampai ke proses melahirkan.

Pemeriksaan obstetri meliputi banyak prosedur yang masing-masing berkaitan dengan tujuan pemeriksaan yang dilakukan. Untuk pemeriksaan dasar obstetri, pada umumnya diperlukan pemeriksaan antenatal, pemeriksaan fisik ibu hamil meliputi inspeksi, palpasi dan auskultasi.

Obstetri adalah 

Obstetri adalah ilmu kedokteran yang melibatkan perawatan selama kehamilan, persalinan, dan periode postpartum. Sedangkan ginekologi berkaitan dengan kesehatan reproduksi fungsi serta penyakit khusus yang dialami perempuan dewasa dan anak perempuan. 

Nantinya, obstetri lebih banyak mengatasi masalah kebidanan dan yang berhubungan dengan perawatan wanita hamil, bayi yang belum lahir, persalinan dan kelahiran dan periode setelah melahirkan. 

Profesional medis di bidang obstetri secara khusus menangani kesejahteraan ibu hamil dan bayi. Selama kehamilan beberapa komplikasi dapat muncul, seperti kehamilan ektopik, gawat janin yang disebabkan oleh kompresi, hingga masalah pada plasenta atau preeklamsia.

Dokter di bidang obstetri akan memantau kesehatan ibu hamil agar terhindar dari komplikasi kehamilan yang tidak diinginkan. Kemudian, dokter spesialis ini juga akan menentukan apakah bayi akan dilahirkan melalui pervaginam atau operasi caesar. 

Setelah melahirkan, seorang yang berprofesi di bidang obstetri juga akan melakukan pemantauan kesehatan ibu dan anak. Ini dilakukan untuk memastikan kesehatan setelah persalinan dan bagaimana adaptasi di kehidupan sehari-hari. 

Obstetri dalam program medis 

Obstetri merupakan cabang ilmu kedokteran yang fokus mempelajari kehamilan dan persalinan. Sementara, ginekologi merupakan cabang ilmu kedokteran yang mempelajari seputar masalah pada reproduksi wanita.

Meski berbeda namun kedua cabang ilmu kedokteran ini memiliki fokus yang sama pada masalah kesehatan terbesar wanita. Oleh karenanya, spesialisasi kedua cabang ilmu tersebut digabung dengan istilah obgyn.

Fokus pelayanan ahli obstetri meliputi beragam pemeriksaan, seperti:

  • Melakukan pemeriksaan masalah kesehatan pada kehamilan atau mempengaruhi kesehatan bayi, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, risiko infeksi, hingga kelainan genetik.
  • Memantau kondisi perkembangan janin, dalam hal ini melakukan pemeriksaan rutin tes USG.
  • Membantu mengatasi berbagai keluhan hamil, seperti morning sickness, sakit punggung dan kaki, dan lain-lain.
  • Menangani masalah mengenai proses persalinan serta komplikasi yang menyertai, seperti pendarahan pada saat persalinan maupun setelahnya, sepsis, ruptur uteri, kelahiran prematur, preeklampsia, hingga solusio plasenta.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Obstetri, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *