Balaghatul Quran Dan Penjelasan

Balaghatul Quran

Balaghatul Quranbalaghah Al-quran adalah Ayat Ayat Al-quran atau firman Allah yang berkaitan dengan nilai kesusastraan dan keindahan yang jauh lebih tinggi santrinya dan keindahannya dibandingkan dengan yang lain.

Balaghat ul quran pdf 

Istilah balagahtul Qur’an secara bahasa terdiri dari dua kata, balaghah dan al-Qur’an. Ash-Sha’idy (2009,  26)  menyebutkan  bahwa  kata  balaghah  secara  bahasa  berasal  dari  katakerja balagha –  yablughu –  balaghan-  balaghatan (بلغ  – يبلغ  – بلاغا  – بلاغة)  yang  berarti  sampai, menyampaikan,  dan  mencapai  akhir,  dalam  kamus  kontemporer  al-‘Ashri  (2001,  553) disebutkan jika berasal dari kata balugha dengan mendlummah huruf lam maka ia berarti fasih.

Berdasarkan artinya secara bahasa di atas,  kata balaghah bisa merujuk pada  arti ketuntasan dalam  menyampaikan  pesan  atau  merujuk  pada  arti  lafaz-lafaz  fashih  yang  mengandung kaidah  balaghah.  Istilah balaghah al Qur’an  dalam  kaidah  ilmu  nahwu  merupakan  bentuk susunan idhofah (eponim). 

Idlafah dalam ilmu nahwu diartikan sebagai penyadaran suatu isim kepada isim lain untuk menghasilkan makna takhsis (pengkhususan) bagi isim pertama (ibnu Hisyam  2007,  70).  

Eponim  sendiri  dalam  kaidah  bahasa  Indonesia  diartikan  sebagai  gaya bahasa  yang  digunakan  untuk  menjelaskan  sifat  suatu  benda  dengan  menghubungkannya dengan  benda  lain  yang  berkaitan  dengan  sifat  yang  dimaksud  (Chikwati  2020, 90).  

Istilah al-Qur’an tidak akan kami jelaskan secara mendetail dalam tulisan ini dengan pertimbangan pembaca sudah mengetahui apa itu al-Qur’an, yaitu kitab suci umat muslim yang diurunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad melalui perantara malaikat Jibril menggunakan bahasa Arab  sesuai  dengan  bahasa  yang  digunakan  oleh  Nabi  Muhammad  SAW.  

Kesimpulannya, idhafah  kata  balaghah  pada  kata  al-Qur’an disini bertujuan mengkhususkan ruang lingkup kajian  ilmu  balaghah  pada  susunan  kalimat  yang  terdapat  dalam  ayat-ayat  al-Qur’an. 

Merujuk pada pengertian balaghah secara bahasa di atas, maka maksud dari balaghatul Qur’an adalah:   

1)   Pembahasan   lafaz-lafaz   dalam   ayat-ayat   al-Qur’an  yang  menyampaikan maksudnya dengan tuntas.   

2) Pembahasan lafaz-lafaz dalam  al-Qur’an yang fasih dan mengandung  kaidah-kaidah  ilmu  balaghah.  Karena  pembahasan  kita  disini  adalah  tentang penggunaan lafaz-lafaz al-qur’an sebagai alternatif untuk memudahkan penyampaian materi ilmu  balaghah.

Balaghatul Qur’an  dalam  pembahasan  kali  ini  diartikan  sebagai  pembahasan  lafaz-lafaz dalam al-Qur’an yang fasih dan mengandung kaidah-kaidah ilmu balaghah. 

Pembelajaran  ilmu  balaghah  adalah  proses  pembimbingan  pelajar  ilmu  balaghah  oleh pengajar  agar  pelajar  mampu  memahami,  dan  menerapkan  kaidah-kaidah  dalam  ilmu balaghah. 

Balaghatul Qur’an sebagai komponen-komponen dalam pembelajaran ilmu balaghah. 

  • Balaghah Al Qur’an  menjadi  tujuan  akhir  pembelajaran  ilmu  balaghah.  Seluruh proses pembelajaran  ilmu  balaghah  berpusat  pada  kemukjizatan  lafaz  dan diksi  yang terdapat dalam ayat-ayat al-Qur’an
  • Balaghah Al Qur’an  menjadi  materi  dalam  pembelajaran  ilmu  balaghah.  Selain  berisi teori-teori dan kaidah, ilmu balaghah juga berisikan contoh penerapan teori tersebut dalam ayat-ayat al-Qur’an.c.Balaghatul  Qur’an   menjadi   strategi   pembelajaran   ilmu   balaghah.   Strategi   yang digunakan adalah balaghah al qur’an dipelajari secara deduktif atau induktif.
  • Balaghah Al Qur’an menjadi sumber belajar bagi ilmu balaghah, karena dengan adanya balaghatul Qur’an kita memplejari ilmu balaghah. Balaghah Al Qur’an  sebagai media dan alat  peraga  yang  membantu  kita  untuk  memahami  kaidah  ilmu  balaghah  secara konkrit melalui contoh-contoh lafaz balaghi yang terdapat dalam al-Qur’an.
  • Balaghatul Qur’an  menjadi  evaluasi  pembelajaran  ilmu  balaghah,  meliputi  tiga  tahap dari    pengukuran,    penilaian,    dan    evaluasi    dengan    menjadikan    penguasaan, kemampuan   menemukan,   da   menjelaskan balaghatul  qur’an   sebagai   indikator pencapaian pembelajaran.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Balaghah Al Quran, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *