Sinematografi Dan Penjelasan

Sinematografi

Sinematografi bisa diartikan sebagai seni menulis dengan gerakan atau suatu metode penciptaan gambar yang bisa dilihat di layar. Setiap shot atau satu bidikan akan membentuk narasi kohesif, yang ketika disusun akan membentuk suatu cerita yang diinginkan.

Sinematografi pada film termasuk dalam kelompok seni

Sinematografi pada film termasuk dalam kelompok seni?

a. audio

b. dua dimensi

c. tiga dimensi

d. visual

audiovisual

Berdasarkan pilihan diatas, jawaban yang paling benar adalah: D. visual. Sinematografi pada film termasuk dalam kelompok seni visual. Pembahasan dan Penjelasan:

Film biasa dipakai untuk merekam suatu keadaan atau mengemukakan sesuatu. Dalam membuat film memiliki beberapa aspek guna mendukung terjadinya proses komunikasi. Sehingga film memiliki disiplin ilmu yang dikenal dengan nama sinematografi (cinematography).

Jawaban A. audio menurut saya kurang tepat, karena kalau dibaca dari pertanyaanya jawaban ini tidak nyambung sama sekali.

Jawaban B. dua dimensi menurut saya ini 100% salah, karena sudah melenceng jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban C. tiga dimensi menurut saya ini juga salah, karena dari buku yang saya baca ini tidak masuk dalam pembahasan.

Jawaban D. visual menurut saya ini yang paling benar, karena kalau dibandingkan dengan pilihan yang lain, ini jawaban yang paling pas tepat, dan akurat.

Jawaban E. audiovisual menurut saya ini salah, karena setelah saya cari di google, jawaban tersebut lebih tepat digunkan untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa disimpulkan pilihan jawaban yang benar adalah D. visual/

Sinematografi

Sinematografi/cinematography terdiri dari dari dua suku kata yaitu cinema dan graphy yang berasal dari bahasa Yunani, kinema yang berarti gerakan dan graphoo yang bererti menulis. Jadi sinematografi bisa di artikan menulis dengan gambar yang bergerak.

Sinematografi memiliki objek yang sama dengan fotografi yakni menangkap pantulan cahaya yang mengenai benda. Karena objeknya sama maka peralatannya pun mirip.

Perbedaannya, peralatan fotografi menangkap gambar tunggal, sedangkan sinematografi menangkap rangkaian gambar.

Teknik sinematografi juga merupakan tahapan cara/metode yang digunakan untuk mengambil gambar agar penonton mudah untuk menangkap makna/pesan yang ingin disampaikan melalui sebuah gambar.

Kita seharusnya bisa selalu menampilkan gambar yang menarik, mempunyai arti atau dengan kata lain, gambar kita harus mampu berbicara/think that every picture as statement.

Elemen penting dalam sinematografi yakni: pencahayaan atau lighting, ukuran frame pengambilan foto atau shot size, fokus kamera pada subjek atau camera focus, komposisi atau shot composition, penempatan kamera atau camera placement dan pergerakan kamera atau camera movement.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Sinematografi, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *