Mata Kuliah Gizi Terapan

Gizi Terapan

Gizi Terapan- Mata kuliah Gizi Terapan bertujuan untuk membekali mahasiswa agar mampu mengkaji ilmu gizi terapan, menganalisis penerapan ilmu gizi dasar dalam bisnis jasa makananan,

dan menerapkan pengolahan makanan sesuai dengan kebutuhan konsumen yang bervariasi serta bertujuan untuk mendukung kesehatan secara menyeluruh.

Terapan gizi dan dietetika adalah

Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses digesti, absorpsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan

Fungsi normal dari organ-organ,serta menghasilkan energi. Status gizi didefinisikan sebagai status kesehatan yang dihasilkan oleh keseimbangan antara kebutuhan dan masukan nutrient.

Peran dan kedudukan penilaian status gizi (PSG) di dalam ilmu gizi adalah untuk mengetahui status gizi, yaitu ada tidaknya malnutrisi pada individu atau masyarakat.

Penilaian status gizi merupakan penjelasan yang berasal dari data yang diperoleh dengan menggunakan berbagai macam cara untuk menemukan suatu populasi atau individu yang memiliki risiko status gizi kurang maupun gizi lebih (Hartriyanti dan Triyanti, 2007)

Penilaian status gizi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu penilaian status gizi secara langsung dan tidak langsung” penilaian status gizi secara langsung dapat dibagi menjadi empat penilaian yaitu: antropometri, klinis, biokimia, dan biofisik.

Sedangkan penilaian status gizi secara tidak langsung dapat dibagi tiga yaitu) sur’ei konsumsi makanan, statistik vital dan faktor ekologi” pada praktikum kali ini akan dibahas mengenai penilaian status gizi secara tidak langsung yaitu konsumsi pangan menggunakan metode recall

dan penilaian status gizi secara langsung menggunakan metode antropometri dan biokimia” responden yang ditujukan dalam penilaian status gizi ini adalah mahasiswa dan universitas arahan dari berbagai fakultas”

Tingkat pendidikan seseorang sangat mempengaruhi tingkat pengetahuannya akan gizi. Tingkat pendidikan yang tinggi sekalipun belum tentu memiliki pengetahuan gizi yang cukup jika individu tersebut jarang mendapatkan informasi mengenai gizi, baik melalui media iklan,

penyuluhan, dan lain sebagainya. Pengetahuan gizi sangat penting, dengan adanya pengetahuan tentang zat gizi maka seseorang dengan mudah mengetahui status gizi mereka.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Gizi Terapan, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *