Pembangkit Daya Kapal

Pembangkit Daya Kapal

Pembangkit Daya Kapal- Kapal pembangkit listrik adalah sebuah kapal yang dibangun dengan tujuan khusus, yakni tempat dipasangnya sebuah pembangkit listrik sebagai sumber pembangkitan listrik.

Kapal pembangkit listrik memiliki baling-baling, infrastruktur siap berangkat bagi negara-negara berkembang yang akan disambungkan ke jaringan listrik nasional bila diperlukan.

Kapal pembangkit listrik yang tidak bermotor, dikenal sebagai tongkang pembangkit listrik, adalah pembangkit listrik yang dipasang di geladak tongkang. Tongkang tersebut sering kali disebut sebagai pembangkit listrik terapung atau pembangkit listrik tongkang.

Pembangkit listrik jenis ini dikembangkan pada saat Perang Dunia II oleh General Electric untuk Lembaga Produksi Perang sebagai sumber pembangkitan listrik besar yang dapat dipindah-pindah.

Kapal pembangkit listrik dapat dilengkapi dengan turbin gas, menmbangkitkan listrik dari mesin diesel dan bensin, pendidihan, atau reaktor nuklir.

Bureau Veritas, sebuah badan pensertifikatan internasional dengan pengalaman mengawasi pembuatan kapal dan pengembangan pembangkit listrik, menggolongkan pembangkit listrik jenis ini sebagai pembangkit listrik layanan khusus.

Pembangkit Daya Kapal berapa watt

PT PLN (Persero) dan PT PAL Indonesia berhasil membangun Pembangkit Listrik Kapal atau Mobile Power Plant (MPP) modern. Sinergi dua BUMN ini sekaligus menjadi tonggak revolusioner pembangunan pembangkit listrik mobile berupa Barge Mounted Power Plant (BMPP), atau pembangkit listrik yang dipasang pada kapal tongkang.

BMPP tahap pertama yang dikembangan PLN melalui anak usahanya. PT Indonesia Power, yang bersinergi dengan PT PAL ini diberi nama BMPP Nusantara 1. Pembangkit mobile berkapasitas 60 Mega Watt ini telah selesai dan segera menuju ke Ambon, Maluku ditandai dengan acara Delivery to Site BMPP Nusantara 1 di dermaga bandar barat Divisi Kapal Niaga PT PAL di Surabaya.

Pembangkit Listrik Kapal ini berkapasitas 60 MW dan dilengkapi dengan teknologi dual fuel dalam mengakomodir fleksibilitas ketersediaan bahan bakar. Dengan daya yang besar maka menjadi solusi untuk melistriki area atau wilayah yang mengalami defisit tenaga listrik, seperti Ambon.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Pembangkit Daya Kapal, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *