Memaksimalkan Desain dengan Google Fonts: Panduan untuk Desainer

Google Fonts

Google Font – Untuk menyampaikan pesan yang tertanam dalam desain dengan benar, sifat desain memerlukan pemilihan font yang sesuai. Selain itu, memilih font yang tepat akan membuat desain Anda indah saat d icetak di printer digital.

Jadi, jika Anda berpikir untuk mendesain logo, tetapi tidak memiliki pengalaman dalam desain, cara termudah adalah dengan mengikuti Google Font yang biasa di gunakan oleh desainer profesional.

Secara Keseluruhan, Google Fonts Adalah Salah Satu Layanan Gratis Yang Ditawarkan Oleh Google.

Dengan menawarkan font gratis, memudahkan pengembang web untuk membuat desain yang interaktif dan menarik. Fitur dari google font dapat di akses melalui google.

Meskipun Google awalnya membuat font ini tersedia untuk desainer web, font milik Google ini banyak di gunakan oleh desainer grafis untuk membuat desain dan mendistribusikannya di surat kabar.

Pencetakan digital dan jejaring sosial. Alasan menggunakan font ini sederhana: font ini memiliki sifat unik yang eye-catching saat di cetak pada cetakan digital.

Google memiliki terlalu banyak font. Bahkan, sejauh ini, jumlah jenisnya telah meningkat menjadi 23 triliun font. Ini memberi Anda kebebasan untuk memilih font yang paling sesuai dengan selera Anda sehingga desain yang benar-benar Anda cetak di situs percetakan online Anda terlihat profesional.

Untuk memastikan Anda memilihnya, berikut adalah lima rekomendasi Google Font yang sering di pilih desainer berdasarkan seberapa mudah dibaca font tersebut.

Mengapa Font Penting Untuk Sebuah Situs Web?

Saat mendesain situs web, Anda dapat menggunakan font default atau membuat keputusan lain yang tampak sederhana tetapi sangat penting. Pemilihan font  yang cermat memiliki manfaat unik untuk situs web Anda. Apakah Anda tertarik pada sesuatu? Berikut daftar manfaatnya:

  • Peningkatan Dalam Branding

Beberapa brand identik dengan jenis font tertentu. Memilih font yang tepat menciptakan komunikasi nonverbal dengan pembaca. Font dapat memberikan kesan langsung kepada pembaca tentang brand Anda.

Dengan font yang tepat, brand Anda akan dapat berkomunikasi lebih akurat dengan audiens Anda. Font yang buruk, di sisi lain, berisiko merusak hubungan antara apa yang Anda katakan tentang brand tersebut dan apa yang Anda katakan tentang brand itu sendiri.

Bayangkan seperti apa brand perhiasan mewah jika Anda hanya menggunakan font Courier untuk logo Anda. Dapatkah Anda menangkap kesan mewah dari brand tersebut? Atau sudah tua dan sulit?

Saat memilih font brand, Anda perlu memastikan ada keseimbangan antara kesan brand dan font. Ingin kesan mewah, menarik dan stabil? Apakah Anda berani dan jujur? Atau keren untuk milenial? Memilih font yang tepat akan membantu menyampaikan pesan.

  • Peran Tipografi Dalam UX

Peran Kunci Tipografi UX adalah salah satu aspek terpenting dari desain UX. Memilih font yang salah untuk konten atau navigasi Anda dapat membuat teks Anda tidak dapat di baca dan mengacaukan situs Anda. Untuk memastikan Anda telah memilih font terbaik untuk situs Anda, coba jawab pertanyaan berikut.

  • Apa font memiliki bobot yang benar?
  • Isi font mudah di baca?
  • Font di sesuaikan dengan tepat untuk berbagai perangkat?
  • Bagaimana dengan rasio kontras?

Rentang bobot font dapat memastikan pengalaman pengguna yang lebih baik saat membaca di perangkat apa pun yang memenuhi kriteria aksesibilitas untuk rasio kontras ukuran yang sesuai. Cukup bagus.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang atau lebih, Anda dapat mengikuti tes dan melihat bagaimana reaksi pembaca Anda terhadap pilihan Anda. Ini akan memberi Anda kepercayaan diri saat memutuskan font akhir untuk situs web Anda.

Jenis font yang dapat Anda pilih secara gratis dari google di antaranya:

  • Roboto

Roboto adalah font paling populer yang di gunakan oleh desainer grafis dan desainer web. Ini karena jenis font ini paling mudah di baca oleh mata manusia. Jenis font ini adalah font dengan struktur mekanis dan bentuk yang hampir geometris.

Pada saat yang sama, font ini memiliki kurva terbuka dan ramah pengguna. Jadi, seperti signage digital, font ini terlihat enak dipAndang mata manusia.

Namun meski mencetak dengan layanan digital printing, hasilnya tidak mengecewakan. Roboto sendiri berisi beberapa variasi. Namun yang paling sering di gunakan adalah Roboto, Roboto Slab dan Roboto Condensed.

  • Open Sans

Open Sans adalah font sans serif humanistik yang di rancang oleh direktur tipografi Ascender Corp Steve Matteson. Rilis ini berisi 897 set karakter lengkap, termasuk set karakter stAndar ISO Latin 1, Latin CE, Yunani, dan Cyrillic.

Open Sans di rancang dengan bentuk terbuka dan tampilan netral namun ramah dengan tekanan normal dalam pikiran. Jenis font ini biasanya di gunakan untuk layar cetak, web, dan seluler dan mudah dibaca dalam tipografi.

  • Lato

Lato adalah seorang desainer tetap Warsawa Warsawukasz Dziedzic (“Lato” berarti “Musim Panas” dalam bahasa Polandia) adalah font untuk keluarga font sans-serif yang memulai debutnya pada musim panas 2010.

Per Desember 2010, dengan dukungan dari Google, pendiri tyPoland merilis jenis font Lato di bawah Lisensi Font Terbuka. Jenis font ini memiliki karakteristik yang sama dengan Open Sans, hanya saja terlihat “lebih ringan” dari saudaranya.

Lato adalah salah satu font Google yang paling umum digunakan oleh desainer dan dicetak pada layanan pencetakan digital.

  • Google Font Oswald

Oswald adalah remake dari gaya klasik historis yang diekspresikan dalam font sans-serif “Alternative Gothic”. Karakter asli Oswald telah didesain ulang dan didesain ulang agar lebih sesuai dengan grid piksel tampilan digital stAndar.

Oswald dirancang untuk penggunaan gratis di Internet melalui desktop, laptop, dan browser web seluler. Oswald terus diperbarui oleh Vernon Adams sebagai penulis dari rilis pertamanya pada 2011 hingga 2014.

Vernon mengisi kekosongan dengan menambahkan bobot ringan dan gemuk untuk mendukung lebih banyak bahasa Latin, dan membawa lebih banyak perbaikan berdasarkan umpan balik dari ratusan pengguna.

  • Google Font Montserrat

Font ini memiliki filosofi yang sangat mendalam bagi penulisnya, Julieta Ulanovsky. Montserrat berukuran besar dengan desain yang ringkas dan ideal untuk judul dalam desain Anda.

Font itu sendiri terinspirasi oleh poster dari lingkungan tradisional Montserrat di Buenos Aires. Julieta Uranovsky merancang jenis huruf ini dan menangkap keindahan tipografi kota. Itu muncul di paruh pertama abad 20.

Google Font Download

Google Font adalah sumber daya yang sangat kuat dan beragam untuk situs web. Dengan lebih dari 900 jenis font untuk dipilih, Anda dapat memanfaatkan Google Font untuk membuat situs web Anda lebih menarik dan meningkatkan kecepatan internet Anda secara keseluruhan.

Setelah Anda memilih font untuk situs web Anda , Anda mungkin ingin mengunduh font Google pilihan Anda sehingga Anda dapat menggunakannya dalam aplikasi seperti Word, PowerPoint, atau Photoshop. Ini sangat mudah dilakukan dan saya akan memandu Anda langkah demi langkah.

6 langkah untuk mengunduh dan menginstal Google Font di komputer Anda

  • Buka Google Font dan temukan font yang ingin Anda gunakan pada gambar Anda.
  • Di pojok kanan atas, ada tombol Download Family. Klik untuk mengunduh font yang Anda pilih.
  • Tergantung pada pengaturan unduhan default Anda, file zip akan diunduh ke folder unduhan default Anda, atau Anda dapat memilih tempat untuk menyimpan file zip.
  • Buka file .zip yang baru saja Anda unduh. Jika Anda tidak dapat membuka file .zip, saya sarankan menginstal 7-zip , yang gratis dan memungkinkan Anda membuka file .zip.
  • Tergantung pada font yang Anda unduh, Anda akan melihat satu atau beberapa file font di dalam paket zip.

Jika hanya ada satu file atau Anda hanya ingin menggunakan salah satunya, Anda cukup mengklik dua kali file tersebut. Ini akan memunculkan pratinjau font. Klik tombol “Instal” di bagian atas jendela pratinjau (Windows) atau “Instal font” di bagian bawah jendela pratinjau (Mac OS 10.3 dan lebih baru).

  • Jika Anda ingin memasang lebih banyak font, menginstalnya dapat memakan waktu. Anda dapat menghemat waktu dengan menginstalnya dengan memilih semua file yang Anda inginkan, menyalinnya (Ctrl + C atau Cmd + C), lalu menempelkannya ke folder Font di komputer Anda.

Di Windows, biasanya ini adalah C:\Windows\Fonts. Di Mac, Anda dapat menempelkannya ke /Library/Fonts (untuk semua pengguna) atau ke /Users/Your_username/Library/Fonts (hanya untuk Anda).

Setelah Anda menginstal font, font tersebut akan tersedia dalam daftar font yang dapat Anda gunakan dalam aplikasi di komputer Anda, seperti Word, PowerPoint, dan Photoshop. Jika Anda menggunakan Canva untuk gambar Anda, font Google sudah tersedia dan tidak perlu diunggah.

Jika Anda juga memilih font untuk merek Anda yang bukan font Google, langkah-langkah untuk mengunduh & menginstalnya di komputer Anda serupa. Anda mungkin akan mendapatkan file zip, dengan file font di dalamnya.

Jika Anda ingin menggunakan font khusus di Canva, ikuti panduan saya tentang menyiapkan kit merek Anda di Canva , yang mencakup bagian tentang cara mengunggah font khusus untuk kit merek Canva Anda.

Google Font Poppins

Google Font dapat kita gunakan secara gratis untuk projek latihan atau komersil, Google Font juga menyediakan lebih dari seribu Font yang cocok untuk projek website atau mobile app design sehingga tampilannya akan menjadi lebih menarik untuk dipandang oleh pengguna.

Google Font Poppins sangat popular digunakan oleh UI/UX designer dikarenakan cocok sekali digunakan pada berbagai kategori design aplikasi seperti health, finance, business, education, atau kategori lainnya.

Tampilan font yang terlihat santai dan mudah dibaca adalah kunci suksesnya dari user experience dan user interface design pada projek website atau mobile app kita. Poppins sangat cocok kita gunakan pada element Header dan dapat dikombinasikan dengan jenis font lainnya.

Itulah detail informasi mengenai Google Font. Semoga dengan adanya penjelasan ini dapat menambah khazanah pengetahuan kita semua, sekian terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *