Jurusan Tata Boga UNJ: Biaya Kuliah dan Keunggulan

Jurusan Tata Boga UNJ

Jurusan Tata Boga UNJ – Universitas Negeri Jakarta (disingkat sebagai UNJ) adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Jakarta, Indonesia yang didirikan pada tahun 1964.

Sebelumnya, Universitas Negeri Jakarta bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta (IKIP Jakarta) bermula dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Indonesia (FKIP UI).

Pada Januari 2021, Universitas Negeri Jakarta melakukan re akreditasi Perguruan Tinggi yang sebelumnya telah memperoleh akreditasi “B”.

Akreditasi yang dilakukan oleh Tim Asesor BAN PT tahun 2021 ini, Universitas Negeri Jakarta memperoleh akreditasi “Unggul” berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 45/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2021.

Universitas Negeri Jakarta dinyatakan memenuhi syarat peringkat Akreditasi Unggul dengan memperoleh skor nilai 366 dan status akreditasi ini berlaku sejak tanggal 2 Februari 2021 sampai dengan 2 Februari 2026.

Setelah Indonesia merdeka, pemerintah Indonesia merasakan kurangnya tenaga kependidikan di semua jenjang dan jenis lembaga pendidikan.

Untuk mengatasi masalah ini pemerintah mendirikan berbagai kursus pendidikan guru. Sekitar tahun 1950-an, pada jenjang di atas pendidikan menengah didirikan B-I, B-II, dan PGSLP yang bertugas menyiapkan guru-guru untuk sekolah lanjutan.

Usaha-usaha untuk meningkatkan mutu dan jumlah guru terus dilakukan melalui pendirian Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) oleh pemerintah melalui Keputusan Menteri P dan K No. 382/Kab tahun 1954.

PTPG ini didirikan di empat kota yakni Batusangkar, Manado, Bandung, dan Malang. Dengan demikian terdapat dua macam lembaga pendidikan yang menghasilkan tenaga guru, yaitu Kursus B-I/B-II/PGSLP dan PTPG.

Kedua lembaga ini kemudian diintegrasikan menjadi satu lembaga pendidikan melalui berbagai tahap. Pada tahun 1957, PTPG diintegrasikan ke dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada universitas terdekat.

Melalui Keputusan Presiden RI No. 1 tahun 1963 tanggal 3 Januari 1963, ditetapkan integrasi sistem kelembagaan pendidikan guru.

Salah satu butir pernyataan Keppres tersebut adalah bahwa surat keputusan ini berlaku sejak 16 Mei 1964, yang kemudian dinyatakan sebagai hari lahirnya IKIP Jakarta.

FKIP dan IPG diubah menjadi IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan). FKIP Universitas Indonesia dan IPG Jakarta diintegrasikan menjadi IKIP Jakarta.

Dalam perkembangan selanjutnya IKIP diberi perluasan mandat untuk mengembangkan ilmu kependidikan dan non kependidikan dalam wadah universitas.

IKIP Jakarta sejak tanggal 4 Agustus 1999 berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berdasarkan Keppres 093/1999 tanggal 4 Agustus 1999, dan peresmiannya dilaksanakan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 31 Agustus 1999 di Istana Negara.

Hari jadi Universitas Negeri Jakarta ditetapkan sama dengan hari jadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta yang merupakan cikal bakal Universitas Negeri Jakarta yaitu pada tanggal 16 Mei 1964.

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan 2 (dua) bidang pendidikan, yaitu Bidang Kependidikan dan Bidang Nonkependidikan.

Bidang Kependidikan diselenggarakan di semua program studi yang ada di UNJ sebagai kelanjutan pembinaan dari bidang sebelumnya (IKIP Jakarta). Program Bidang Kependidikan ini dikembangkan secara optimal.

Setelah IKIP Jakarta diperluas mandat nya menjadi Universitas, UNJ menyelenggarakan Program Bidang Nonkependidikan dengan jenis program D-IV dan jenjang program S-1.

Program Nonkependidikan yang sudah ada akan terus dikembangkan dan ditingkatkan kualitasnya, sedangkan program studi lainnya akan dibuka secara bertahap.

Jenis pendidikan

Program Sarjana Terapan (D-4), Program Sarjana (S-1), Program Magister (S-2), Program Doktor (S-3), dan Program Profesional.

Kegiatan Kemahasiswaan atau Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) di Universitas Negeri Jakarta terbagi atas dua bagian.

Organisasi Pemerintahan Mahasiswa (OPMAWA) yang membina mahasiswa untuk belajar berorganisasi, memahami ketatanegaraan, mampu mewadahi aspirasi mahasiswa dan sebagai jembatan mahasiswa dengan pihak kampus dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Yang bertujuan mengembangkan Penalaran, Bakat Minat, dan Kesejahteraan. Keduanya ada untuk menunjang tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Unit Kegiatan Mahasiswa

Berikut organisasi Unit Kegiatan Kemahasiswaan di Universitas Negeri Jakarta yang berlokasi di Gedung G, Kampus A UNJ:

  • UKM (Unit Kesenian Mahasiswa)

Memfasilitasi mahasiswa meningkatkan apresiasi seni dan mengembangkan bakat dan kesenian nya. Unit Kesenian Mahasiswa mempunyai Sub Unit Sanggar Seni Rupa Rawamangun (S-2R2), Seni Suara, Subunit Tari, Sastra Drama, dan Band.

  • LKM (Lembaga Kajian Mahasiswa)

Wadah yang bertujuan mengembangkan wawasan ilmiah dan penalaran mahasiswa yang kritis dan dinamis.

  • UKO (Unit Olahraga Mahasiswa)

Membina dan mengembangkan potensi mahasiswa UNJ dalam berorganisasi dan berolahraga. UKO telah banyak menyumbang prestasi yang membawa harum UNJ.

  • Pramuka “Racana”

Merupakan organisasi di bidang kepramukaan tingkat univeristas dengan jenjang pandega.

  • KMPA Eka Citra (Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam Eka Citra) [1] Diarsipkan 2021-01-23 di Wayback Machine.

Merupakan organisasi kemahasiswaan yang berada di lingkungan UNJ yang bergerak dalam bidang kepecintaalaman.

  • KSR PMI Unit UNJ

Merupakan organisasi kemahasiswaan yang bergerak di bidang kemanusiaan, sosial, dan kesehatan di bawah naungan PMI.

  • KMPF (Kelompok Mahasiswa Peminat Fotografi)

Merupakan wadah organisasi kemahasiswaan yang bergerak di bidang fotografi.

  • KSPA UNJ (Kelompok Sosial Pecinta Anak Universitas Negeri Jakarta)

Merupakan organisasi di bidang sosial yang menyelenggarakan TK keliling untuk anak-anak pra sejahtera, dan KSPA adalah tempat berkumpul mahasiswa yang memiliki kecintaan dengan dunia pendidikan anak.

  • Resimen Mahasiswa (Menwa)

Mewujudkan semangat Patriotisme dan Nasionalisme dalam rangka Bela Negara Republik Indonesia.

  • Badan Penyelenggara Radio Siaran (BPRS) Educational Radio (ERAFM-UNJ)

Radio komunitas berbasis pendidikan di dalam kampus atau yang sering dikenal dengan radio kampus merupakan wadah informasi untuk civitas kampus dan lingkungan sekitar.

  • Sinematografi Mahasiswa dan Televisi UNJ (Sigma TV UNJ)

Organisasi mahasiswa yang bergerak dalam bidang Audio Visual, Jurnalistik Televisi dan Sinematografi yang merupakan wadah bagi mahasiswa UNJ untuk mengembangkan bakat dalam dunia film dan broadcasting.

  • Didaktika

Wadah kemahasiswaan mengembangkan bakat kritis dalam dunia jurnalistik dan membangun pemikiran kritis.

  • Koperasi Mahasiswa (Kopma)

Membangun kreativitas mahasiswa mengembangkan bakat bisnis, dan befungsi sebagai koperasi pada umumnya.

Kegiatan yang sering dilakukan adalah Kedai Wisuda, Bazaar Buku, Seminar Kewirausahaan. Unit usaha yang ada antara lain: Fotokopi, Rental Komputer, Toko Buku, Cafetaria, LPK (Lembaga Pendidikan Komputer) dan Les Privat.

  • Keluarga mahasiswa dan alumni penerima beasiswa Supersemar (KMA PBS) UNJ

Merupakan organisasi yang berdiri di UNJ yang bernaung di bawah Yayasan Supersemar yang bergerak menaungi penerima beasiswa supersemar di UNJ.

  • Kelompok Peneliti Muda (KPM)

Merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta yang bergerak di bidang penelitian dan penalaran.

  • Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Universitas Negeri Jakarta,

Merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang membidangi kerohanian Islam di lingkungan Universitas Negeri Jakarta.

  • Keluarga Mahasiswa Katolik Sacra Familia (KMK)

Merupakan wadah kerohanian mahasiswa UNJ yang beragama Katolik

  • Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK),

Merupakan wadah kerohanian mahasiswa UNJ yang beragama Kristen Protestan.

  • Kelompok Mahasiswa Hindu Budha (KMHB)

Merupakan wadah kerohanian bagi mahasiswa yang beragama Hindu dan Budha.

Organisasi Pemerintahan Mahasiswa

  • Organisasi Pemerintahan Mahasiswa (OPMAWA) terdiri atas:
    • Majelis Tinggi Mahasiswa UNJ (MTM UNJ)
    • Badan Eksekutif Mahasiswa UNJ (BEM UNJ) Diarsipkan 2012-06-06 di Wayback Machine.
    • Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF)
    • Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (BPMF)
    • Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi (BEMP) / Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMAP)
    • Badan Legislatif Mahasiswa Program Studi (BLMP)

Lulusan Program Studi Tata Boga mempunyai kualifikasi sarjana pendidikan yang dididik untuk menjadi Guru SMP, SMK dan Pendidikan non formal bidang Tata Boga: Menjadi Guru SMP dan SMK bidang boga yang kompeten dalam penguasaan konsep, teori dan praktik di bidang boga yang berwawasan wirausaha serta mampu menerapkan IPTEKS dalam bidangnya.

Disamping itu sesuai dengan visi perguruan tinggi dan fakultas, lulusan juga dibekali dengan kemampuan di bidang kewirausahaan.

Program studi S1 Pendidikan Tata Boga diharapkan bekerja sebagai berikut :

  • Tenaga pendidik di bidang pendidikan (SMK/Sekolah Menengah Kejuruan) keahlian tata boga dan lembaga
    formal maupun non formal yang profesional
  • Pengelola kursus di bidang tata boga
  • Pengelola makanan di hotel, restaurant, dan catering
  • Pengelola roti dan kue pada cake shop
  • Pendemo masak
  • Wirausaha dengan bekal ilmu Tata Boga

Kualifikasi Lulusan

Kualifikasi lulusan Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga adalah sarjana yang setara dengan KKNI level 6. Dimana jenjang kualifikasi level 6 mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni
    pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. (Knowledge-Skills) – Kemampuan bidang kerja
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. (Knowledge-Skills)–Pengetahuan yang dikuasi
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisisinformasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. (Knowledge,Skills, Attitude) – Kemampuan manajerial
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. (Attitude)–Kemampuan manajerial.

Capaian Pembelajaran Program Studi

Kurikulum Berbasis Kompetensi pada Program studi S1 Pendidikan Tata Boga UNJ dikembangkan berdasarkan visi, misi dan tujuan program studi yang mengacu pada visi dan misi Universitas Negeri Jakarta dan Fakultas Teknik.

Sebagaimana tugas pokoknya sebagai penghasil tenaga pendidik di bidang teknologi khususnya Tata Boga, maka profil lulusan Prodi ini adalah : Guru SMP, SMK dan Pendidikan non formal bidang Tata Boga.

Menjadi Guru SMP dan SMK bidang boga yang kompeten dalam penguasaan konsep, teori dan praktik di bidang boga yang berwawasan wirausaha serta mampu menerapkan IPTEKS dalam bidangnya.

Disamping itu sesuai dengan visi perguruan tinggi dan fakultas, lulusan juga dibekali dengan kemampuan di bidang kewirausahaan.

Setelah menyelesaikan seluruh program pendidikan mahasiswa dapat :

  1. Mengelola pembelajaran bidang Tata Boga yang berkarakter pada tingkat sekolah menengah sesuai karakter peserta didik dan model pembelajaran yang tepat dengan memanfaatkan teknologi dan komunikasi;
  2. Mengelola makanan di hotel, restaurant, dan catering;
  3. Mengelola roti dan kue pada cake shop sesuai dengan perkembangan jaman dan kebutuhan stakeholder; dan
  4. MengorganisirWirausaha bidang boga sesuai dengan perkembangan jaman dan kebutuhan stakeholder.

Gelar Lulusan : Sarjana Pendidikan (S.Pd)

Akreditasi Program Studi

Hasil akreditasi oleh BAN : A. Masa Berlaku : Tahun 2011 s/d tahun 2016. No. SK : 025/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011. Tanggal SK: 23 September 2011.

Syarat Masuk Jurusan Tata Boga Di UNJ

Berikut syarat masuk jurusan Tata Boga UNJ.

  • Pendaftaran melalui Jalur SNMPTN. Menyeleksi calon mahasiswa baru berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan penilaian portofolio akademik.
  • Pendaftaran melalui Jalur SBMPTN.  Diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun berjalan.
  • Pendaftaran KIP Kuliah UNJ. KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi. Pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki montre contrefacon kemampuan akademik baik.
  • Pendaftaran melalui Jalur Mandiri. Jalur seleksi mandiri yang diselenggakan secara lokal oleh panitia dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), melalui ujian tertulis.

Lulusan Program Sarjana Pendidikan Tata Boga diharapkan dapat bekerja sebagai Tenaga pendidik di bidang Pendidikan formal; Instruktur bidang Tata Boga dalam pendidikan nonformal.

Pengelola kursus di bidang tata boga; Pengelola makanan di hotel, restaurant, dan catering; Pengelola roti dan kue pada cake shop dan bakery; Pendemo masak; Wirausaha bidang boga. Lulusan akan menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd).

Tata Boga UNJ membekali dengan kurikulum reguler dan skema MBKM, buku panduan akademik, ruang perkuliahan, laboratorium praktikum seperti lab.

Pengolahan makanan, lab. Pengolahan roti dan kue , lab. Manajemen usaha jasa boga, lab. Tata hidang, lab. Gizi, lab. Organoleptik dan Analisa rekaya pangan, dan lab. Microteaching.replicas bolsas.

Ditunjang dengan sistem informasi yang terintegrasi, fasilitas pembelajaran online, pengembangan prestasi dan organisasi akademik maupun non akademik dan lainnya yang memadai agar mahasiswa dan lulusan memiliki keahlian sebagai pendidik dan kompetensi bidang tata boga.

Kamu bisa daftar dan bergabung bersama Tata Boga UNJ  menjadi mahasiswa Pendidikan Tata Boga (S1) via online web https://penmaba.unj.ac.id/

Biaya Jurusan Tata Boga UNJ

Berikut Biaya Jurusan Tata Boga UNJ.

  • BKT Rp10.547.000
  • UKT Kelompok I Rp500.000
  • UKT Kelompok II Rp1.000.000
  • UKT Kelompok III Rp4.100.000
  • UKT Kelompok IV Rp4.600.000
  • UKT Kelompok V Rp5.200.000
  • UKT Kelompok VI Rp6.200.000
  • UKT Kelompok VII Rp8.100.000
  • UKT Kelompok VIII Rp10.100.000

Demikianlah pembahasan mengenai Jurusan Tata Boga UNJ. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *