Bem Universitas Terbuka, Berikut Informasinya!

Bem Universitas Terbuka

Bem Universitas Terbuka – Universitas Terbuka adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pertama yang ada di Indonesia dengan menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh.

Informasi Tentang Bem Universitas Terbuka

Universitas Terbuka ini memiliki sistem belajar yang sudah dikenal dan pasti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia.

Sistem yang diberlakukan di Universitas Terbuka ini tentunya sangat membantu bagi mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil, baik di seluruh nusantara maupun di berbagai belahan dunia.

Universitas Terbuka ini sendiri melalui keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984, UT diresmikan pada September 1984.

Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mengharuskan kita untuk terus meningkatkan potensi sumber daya manusia (SDM) yang menunjang produktivitas.

Meskipun begitu, tentunya kita akan mengalami yang namanya keterbatasan tempat dan waktu bagi banyak orang untuk dapat mengembangkan diri dan meningkatkan karier.

Hal inilah yang mendorong Universitas Terbuka sehingga bisa membantu mewujudkan kesempatan yang sangat luas untuk mengikuti pendidikan tinggi tanpa memandang latar belakang sosial, ekonomi, umur, dan tempat tinggal mereka.

Sistem pembelajaran Universitas Terbuka menyediakan sistem pembelajaran yang fleksibel kepada mereka yang menginginkan untuk mengikuti sistem pendidikan tinggi meskipun dilaksanakan dari jarak jauh.

Universitas Terbuka ini sangat loyalitas tanpa batas dalam membantu mewujudkan tujuan belajar yang disebabkan karena

  • tidak ada pembatasan jangka waktu penyelesaian studi
  • tidak adanya pemberlakuan sistem drop out
  • tidak ada pembatasan, baik tahun kelulusan ijazah SLTA maupun umur
  • waktu pendaftaran (registrasi) leluasa sepanjang tahun
  • ruang, waktu, dan tempat belajar yang fleksibel sesuai dengan kondisi mahasiswa

Setiap Instansi pada umumnya terdapat yang namanya Bem atau organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat Universitas atau Institut.

Dalam pelaksanaan program-program yang ada dalam suatu Instansi, umumnya Bem memiliki beberapa departemen. Begitu juga dengan Bem Universitas Terbuka.

Bem ini sendiri mempunyai 4 fungsi yaitu pengabdian, pergerakan, minat dan bakat serta kesejahteraan.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Bem Universitas Terbuka. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *