Tugas Kuliah Teknik Nuklir, Berikut Info Lengkapnya!

Tugas Kuliah Teknik Nuklir

Tugas Kuliah Teknik Nuklir – Jurusan Teknik Nuklir mempelajari cabang ilmu rekayasa dalam pemanfaatan energi nuklir dan turunannya. Secara umum, topik tugas kuliah jurusan ini akan mendalami materi fisika, matematika, dan ilmu rekayasa.

Tugas Kuliah Teknik Nuklir

Jumlah satuan kredit semester (SKS) mata kuliah yang harus ditempuh untuk menyelesaikan pendidikan pada Program Studi Sarjana Teknik Nuklir adalah 144, sesuai dengan persyaratan jumlah minimum yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 tahun 2020.

Beberapa mata kuliah yang ditandai dengan CPL03 mengandung muatan perancangan dan diselenggarakan selama beberapa semester. Muatan perancangan dalam beberapa mata kuliah tersebut akan menjadi dasar untuk perancangan sistem nuklir sebagai capstone design yang dituangkan dalam mata kuliah Perancangan Sistem Nuklir dan Perancangan Sistem Nuklir Medis.

Mahasiswa yang ingin menguatkan kemampuan perancangannya dapat mengambil tema Tugas Akhir berbentuk perancangan. Alternatif Tugas Akhir dapat berupa penelitian atau eksperimen, simulasi, dan perancangan.

Terdapat dua peminatan yang bisa kamu pilih di Jurusan Teknik Nuklir, yaitu peminatan Teknologi Energi Nuklir dan Fisika Medik.

Jika kamu mengambil peminatan Teknologi Energi Nuklir, kamu akan banyak mempelajari pengembangan pembangkit listrik tenaga nuklir dan penerapan radiasi di bidang industri.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui di peminatan ini adalah Teknologi Pembangkit Nuklir, Pengelolaan dan Pengolahan Bahan Bakar Nuklir, Instrumentasi Nuklir, Analisis Reaktor Nuklir, dan sebagainya.

Sementara jika kamu mengambil peminatan Fisika Medik, pembelajaran akan lebih berfokus pada penerapan nuklir di bidang kesehatan, seperti bidang radiologi klinik.

Oleh karena itu, mata kuliah yang akan kamu pelajari meliputi Kedokteran Nuklir, Anatomi dan Fisiologi, Teknik Radioterapi, Teknologi Pencitraan Medis, Radiobiologi, dan lain-lain.

Meskipun di peminatan Fisika Medik kamu akan banyak bertemu dengan mata kuliah yang berhubungan dengan radiasi, kamu tidak perlu khawatir terhadap kesehatanmu. Soalnya, saat mempelajari radiasi mahasiswa Teknik Nuklir dibekali dengan alat pengaman serta pengawasan dosis serta paparan yang sudah dikontrol.

Kemudian, nantinya kamu juga dapat mengikuti kegiatan pertukaran mahasiswa, magang atau praktik kerja, penelitian, proyek kemanusiaan, dan masih banyak lagi.

Demikianlah sedikit gambaran tugas kuliah Teknik Nuklir. Semoga kamu yang berminat melanjutkan pendidikan di Kampus dan jurusan ini, diberikan kemudahan dan diterima.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *