Teknik Elektro UNRI, Akreditasi dan Sejarahnya…

Teknik Elektro UNRI

Teknik Elektro UNRI – Universitas Riau atau yang dikenal dengan UNRI merupakan Salah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Universitas Riau didirikan pada tanggal 25 September 1962 dan memiliki kampus utama yang bertempat di Kampus Bina Widya KM 12,5 Simpang Baru, Pekanbaru.

Saat ini Universitas Riau memiliki 10 Fakultas yakni Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Keperawatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Pertanian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Nah kami akan membahas salah satu jurusan yang ada Kampus ini, yaitu Teknik Elektro UNRI mulai dari sejarah, akreditasi dan hal lain yang menyangkut dengan Teknik Elektro UNRI.

Sejarah Teknik Elektro UNRI

Cikal bakal dari Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Riau bermula dari adanya bantuan dari Asian Development Bank (ADB) melalui Proyek Peningkatan Pendidikan Sains dan Keteknikan (EEDP) ADB Loan No.1432 INO pada pertengahan tahun 1996.

Bantuan ini pada hakekatnya merupakan pembangunan fisik sarana dan prasarana Fakultas Teknik UNRI yang akhirnya mengarah kepada pembukaan Program Studi baru.

Termasuk salah satunya yaitu Program Studi Teknik Elektro D3 yang merujuk pada surat Dirjen Dikti No.657/D2/96 tanggal 18 Maret 1996 yang selanjutnya diperkuat oleh Surat Keputusan Rektor UNRI.

Sehingga akhirnya pada tahun ajaran baru 1998/1999 Program Studi Teknik Elektro D3 FT UNRI telah mulai menerima mahasiswa baru untuk angkatan yang pertama.

Pada tanggal 27 Oktober 2000 akhirnya keluarlah SK Pendirian Program Studi Teknik Elektro dengan Nomor SK Pendirian : No.377/DIKTI/2000, berbarengan dengan SK Pendirian Fakultas Teknik UNRI secara resmi oleh Depdiknas.

Jurusan Elektro saat ini memiliki tiga Program Studi, yaitu Program Studi S1 Teknik Elektro, Program studi D3 Teknik Elektro dan Program Studi S1 Teknik Informatika. Ketiga program studi tersebut telah terakreditasi dengan nilai B.

Visi

Menjadi jurusan yang unggul dan profesional dalam pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Teknik Elektro dan Informatika tingkat nasional tahun 2035.

Misi

  1. Mewujudkan peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang ilmu Teknik Elektro dan Informatika yang bermutu.
  3. Menghasilkan lulusan berkemampuan akademik unggul, profesional dan berjiwa wirausaha serta memiliki kemampuan manajerial.
  4. Menghasilkan penelitian-penelitian di bidang keteknikan bidang ilmu teknik elektro dan informatika yang berguna bagi masyarakat.
  5. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dibidang keteknikan bidang ilmu Teknik Elektro dan Informatika yang dapat meningkatkan kesejahteraan umat manusia.
  6. Memanfaatkan pola otonomi daerah dalam mendukung program Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  7. Mewujudkan kerjasama dengan pemerintah, asosiasi, dan masyarakat industri dalam negeri dan luar negeri dalam percepatan program Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Akreditasi Teknik Elektro UNRI

Akreditasi Program Studi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Program Studi. Akreditasi merupakan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal sebagai bagian dari Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Akreditasi bertujuan menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan menjamin mutu Program Studi dan Perguruan Tinggi secara eksternal baik bidang akademik maupun non akademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat.

Teknik Elektro UNRI sangat menyadari bahwa akreditasi bukan hanya sekedar kewajiban regulasi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Jurusan Teknik Elektro UNRI merasa perlu diakreditasi agar adanya perbaikan mutu internal. Sekaligus juga menguji dan mengevaluasi sejauh mana efektifitas Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang sudah dilaksanakan jurusan selama ini.

Nah berdasarkan keputusan dari BAN PT Teknik Elektro UNRI mendapatkan akreditasi B dengan no Sk BAN-PT No. 4506/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2017 dengan masa waktu akreditasi selama 5 tahun.

Informasi ini, mungkin pas kalian membaca belum update Akreditasinya, karena saat ini pihak dari Universitas Riau sedang memperbaiki Akreditasinya.

Nah itulah informasi mengenai Teknik Elektro UNRI, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan kami ucapkan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *