Interelasi, Ini Pengertiannya dan Prinsip!

Interelasi

Interelasi adalah prinsip geografi yang berguna untuk menelaah hubungan atau keterkaitan antara fenomena geosfer yang satu dengan contoh fenomena geosfer yang lain dalam suatu tata ruang yang sama. Fungsi dari prinsip ini tentu saja guna mengetahui hubungan sebab dan akibat.

Sebab dan akibat yang terbentuk antara satu fenomena dengan fenomena lainnya dalam suatu ruang, sehingga berguna saat kita ingin melakukan analisis dampak dari suatu fenomena atau analisa dampak dari suatu proyek pengembangan wilayah dan perwilayahan.

Interelasi geografi

Prinsip ini masuk dalam ilmu geografi yang mempelajari segala aktivitas manusia dan alam, serta interaksi antara keduanya melalui perspektif ruang hingga terjadinya bentuk pola ruang tertentu.

Prinsip interelasi atau keterkaitan merupakan prinsip yang digunakan untuk menelaah hubungan yang saling terkait antara gejala satu dengan gejala geografi lain dalam satu ruang.

Hubungan yang terkait bisa terjadi antara fenomena fisik dan fenomena sosial. 

Tentu saja tujuannya untuk menguraikan gejala-gejala atau hubungan yang ada dalam ruang tersebut. 

Sebenarnya bukan hanya hubungan antara fenomena dan fisik, beberapa ahli menyatakan prinsip interelasi dapat mengungkapkan hubungan antara gejala fisik dengan gejala fisik, gejala fisik dengan sosial, dan gejala sosial dengan gejala sosial.

Nantinya, hasil dari prinsip geografi mampu menggambarkan karakteristik geografi suatu wilayah. Berikut ini contoh prinsip interelasi yang dikutip dari e-Modul dengan judul Geografi yang disusun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,

  • Musim hujan disebabkan oleh fenomena angin muson.
  • Penduduk pesisir banyak yang menjadi nelayan karena dekat dengan laut.
  • Suhu panas di belakang gunung karena adanya angin fohn.
  • Suhu yang sangat panas menyebabkan penguapan, sehingga terjadi hujan.

Interelasi dan interdependensi 

Interelasi adalah hubungan satu sama lain dan interdependensi adalah hubungan saling ketergantungan antar individu atau alam

Konsep interaksi Interdependensi adalah konsep yang berkaitan dengan hubungan antar fenomena geosfer satu dengan fenomena geosfer lainnya yang menimbulkan kondisi saling tergantung.

Salah satu bentuk interaksi interdependensi antar fenomena geosfer misalnya interaksi antara wilayah desa dengan wilayah kota.

Konsep interaksi interdependensi merupakan konsep geografi yang berkaitan erat dengan prinsip interelasi, bahwa suatu fenomena geosfer berhubungan dengan fenomena geosfer lainnya. 

Konsep in memberikan gambaran bahwa tidak ada suatu fenomena geosfer yang terlepas dari fenomena geosfer lainnya.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang interelasi ,semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *