Ini Penjelasan Tentang Hukum Boyle

Hukum Boyle

Hukum boyle merupakan salah satu teori di dalam ilmu Fisika dan Kimia yang mencoba menganalisis hubungan antara tekanan dan volume dalam suatu gas.

Mengapa bernama hukum Boyle? Karena yang menemukan teori ini adalah Robert Boyle seorang ahli Kimia yang berperan penting terhadap perkembangan ilmu Fisika dan Alkemi.

Boyle lahir di Irlandia pada 25 Januari 1627 dan tumbuh kembang sebagai seseorang yang cinta akan bidang ilmu sains – khususnya Kimia dan Fisika.

Pada awalnya, Boyle bersama koleganya melakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk menganalisis adanya hubungan dan konektivitas antara tekanan dengan volume gas di suatu suhu tertentu.

Penelitian ini menghasilkan satu tesis bahwa tekanan dan volume gas yang diletakkan di tempat yang tertutup adalah konstan. Menurutnya, suhu dari suatu gas yang berada di tempat ruangan tertutup, maka tekanan gas tersebut akan bersifat kontradiktif dengan volumenya.

Di lain sisi, jika suhu tetap konstan dalam keadaan yang tertutup, maka ada hubungan terbalik antara tekanan dan juga volume udara

Hukum boyle contoh

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang secara tidak sadar kamu sudah menerapkan hukum Boyle lo. Berikut ini hukum boyle contoh. Kegiatannya apa aja ya?

  • Meniup gelembung di dalam air. Di mana memperlihatkan terjadinya peningkatan pada volume gelembung saat muncul ke atas
  • Meniup balon. Sama halnya seperti meniup gelembung di dalam air, di mana terjadi peningkatan pada ukuran balon hingga membesar kemudian meletus
  • Memompa ban. Ban yang kempes jika dimasukkan angin akan mengakibatkan volume ban yang akan meningkat
  • Jarum suntik juga merupakan contoh dari penerapan hukum Boyle. Ketika melakukan suntikan ke suatu objek, maka menyebabkan volume meningkat dan tekanan akan menurun.
  • Pernapasan. ketika kita menarik napas, paru-paru elo akan mengembang karena dipenuhi oleh udara. Hal itu menyebabkan volume naik, sedangkan tekanan turun. Begitu pun sebaliknya.
  • Pakaian luar angkasa. Pakaian tersebut mencegah darah dan cairan astronaut untuk mendidih dan akhirnya terluka. Pakaian tersebut juga dirancang sesuai dengan Hukum Boyle, dimana pakaian tersebut akan mengembang tanpa batas ketika suatu tekanan gas memasuki wilayah ruang hampa atau vakum seperti antariksa

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang hukum boyle, semoga bermanfaat dan jangan  lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *