Relasi dan Fungsi, Simak Penjelasan Berikut Ini!

Relasi dan Fungsi

Pengertian Relasi dan Fungsi

Saat anda belajar matematika, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kata relasi dan juga fungsi bukan? Yup, relasi dan fungsi merupakan salah satu konsep yang penting di dalam belajar matematika. Ada banyak permasalahan mengenai matematika yang bisa diselesaikan menggunakan konsep relasi dan fungsi. Berikut ini penjelasan selengkapnya ya guys, yuk simak bersama-sama.

Definisi Relasi

Merupakan hubungan antara suatu anggota dengan himpunan pada  anggota himpunan lainnya. Himpunan A dan himpunan B dapat dikatakan memiliki relasi jika ada anggota himpunan yang saling berpasangan.

Cara Menyatakan Relasi

Relasi antara dari dua himpunan dapat dinyatakan melalui tiga cara, yaitu dengan diagram panah, himpunan pasangan berurutan, hingga diagram Cartesius.

1. Diagram Panah

Diagram panah adalah cara yang paling mudah agar bisa menyatakan suatu relasi. Diagram ini dapat  membentuk pola pada suatu relasi ke dalam bentuk gambar dengan arah panah yang menyatakan hubungan antara anggota himpunan A dengan anggota himpunan B.

2. Himpunan Pasangan Berurutan

Selain dengan menggunakan diagram panah, suatu relasi juga bisa dinyatakan dengan menggunakan yang namanya himpunan pasangan secara berurutan. Caranya dengan cara memasangkan himpunan A dengan himpunan B secara berurutan.

3. Diagram Cartesius

Menyatakan relasi di antara dua himpunan pada pasangan berurutan yang kemudian dituliskan di dalam bentuk dot (titik-titik). Nanti kamu akan menemukan diagram cartesius yang dibentuk dari dot-dot.

Definisi Fungsi

Fungsi atau pemetaan adalah relasi pada himpunan A ke himpunan B, jika setiap anggota himpunan A berpasangan tepat dengan satu dengan anggota himpunan B. Semua anggota himpunan A atau yang daerah asal disebut domain, sedangkan bagi semua anggota himpunan B atau daerah kawan disebut sebagai kodomain. Hasil dari pemetaan ini antara domain dan kodomain disebut sebagai range fungsi atau daerah hasil.

Cara Menyatakan Fungsi

Sama halnya dengan konsep relasi, fungsi juga bisa dinyatakan di dalam bentuk diagram panah, himpunan hingga pasangan berurutan  dengan diagram Cartesius.

Sebuah fungsi bisa dinotasikan dengan adanya huruf kecil seperti f, g, h. Misal, fungsi f untuk memetakan himpunan A ke himpunan B dengan dinotasikan f(x) dengan aturan f : x → 3x+3. Artinya fungsi f juga memetakan x ke 3x+3. Jadi daerah bayangan x oleh fungsi f berupa 3x+3 sehingga bisa dinotasikan dengan f(x) = 3x+3.

Demikianlah ulasan mengenai relasi dan fungsi. Yuk pelajari lagi materi tersebut dan pelajari lagi soal-soalnya ya guys.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *