Ilmu Tingkah Laku Ternak

Ilmu Tingkah Laku Ternak

Ilmu Tingkah Laku Ternak – Tingkah laku ternak adalah suatu bentuk aktivitas ternak yang melibatkan fungsi fisiologis sebagai hasil dari   menghadapi suatu objek.

Segala kebiasaan yang dilakukan oleh ternak dapat disebut dengan tingkah laku. Hardjosworo (2000) menambahkan tingkah laku adalah cara ternak mengekspresikan apa yang diinginkan dan apa yang dirasakan.

Peternak yang baik tidak hanya sekedar memberi makan dan minum serta membersihkan kandang, tetapi juga dapat memahami tingkah laku ternaknya.

Mempelajari tingkah laku ternak tergolong mudah tetapi membutuhkan kejelian dan ketekunan, karena sekecil apapun kesalahan yang dilakukan peternak, akan mempengaruhi usaha peternakan yang dilakukan (Suratmo, 1979).

Pengetahuan tentang tingkah laku dan perilaku ayam pedaging akan mempermudah peternak dalam memahami hal yang disenangi dan tidak disenangi oleh ternak, serta mempermudah melakukan penanganan dengan benar sehingga peternak menjadi terampil dalam pemeliharaannya.

Keberhasilan pemeliharaan tidak hanya ditentukan oleh pemenuhan persyaratan kandang, pakan dan pencegahan penyakit, tetapi juga memerlukan kejelian dan sentuhan-sentuhan khusus dari peternak itu sendiri yang disebut juga Tender Loving Care (TLC).

Oleh karena itu pengetahuan mengenai tingkah laku ternak mutlak dimiliki oleh peternak (Hardjosworo, 2000).

Tingkah laku (perilaku) hewan merupakan reaksi atau ekspresi yang disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhinya. Tingkah laku hewan merupakan fungsi dari faktor hormonal, lingkungan, pengalaman dan fisiologi.

Tingkah laku adalah salah satu indikator untuk menilai kesejahteraan seekor hewan pada kondisi pemeliharaan Pada umumnya hewan memiliki tingkah laku harian seperti istirahat, membuang kotoran, agonistik, seksual serta makan dan minum.

Fungsi utama perilaku adalah memungkinkan seekor hewan menyesuaikan diri terhadap beberapa perubahan keadaan, baik dari luar maupun dari dalam.

Ilmu Tingkah Laku Ternak jurnal

Nah bagi kalian yang mencari Ilmu Tingkah Laku Ternak jurnal kalian bisa buka geogle atau mesin penelusuran lainnya, kalian bisa searcing dengan kata kunci Ilmu Tingkah Laku Ternak jurnal.

Kalau tidak ingin repot kalian klik link ini https://core.ac.uk/download/pdf/229038763.pdf untuk mendapatkan Ilmu Tingkah Laku Ternak jurnal.

Ilmu Tingkah Laku Ternak Pengertian

Tingkah laku ternak merupakan suatu bentuk aktivitas ternak yang melibatkan fungsi fisiologis sebagai hasil dari perpaduan antara aktivitas keturunan dengan pengalaman individu dalam menanggapi atau menghadapi suatu objek.

Perilaku hewan merupakan respon terhadap stimulus di sekitarnya. Respon tersebut berbeda-beda karena setiap individu dalam taksonomi memiliki kemampuan berbeda- beda dalam menanggapinya, baik secara anatomi maupun fisiologi.

Ilmu yang mempelajari tingkah laku hewan disebut ethology, berasal dari kata ethos yang memiliki arti karakter atau alam dan logos yang memiliki arti ilmu. Ethology merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku dari hewan untuk menentukan karakteristik serta bagaimana respon terhadap lingkungan hewan. T

ingkah laku adalah aksi fase tanggapan antara organisme dan lingkungan. Dalam aksi ini merupakan kegiatan yang mengarah dari luar serta tidak banyak perubahan secara tetap didalam tubuh yang terjadi pada makhluk hidup.

Terjadinya tingkah laku ini sebagai akibat suatu stimulus dari luar dan reseptor diperlukan dalam mendeteksi stimulus tersebut.

Diperlukan syaraf dalam mengoordinasikan respon dan efektor yang melaksanakan aksi, Tingkah laku pada hewan dapat dipengaruhi oleh faktor dari dalam dan faktor dari luar dari individu yang bersangkutan.

Faktor dari dalam yaitu antara lain hormon dan sistem syaraf, dan faktor dari luar yaitu antara lain cahaya, suhu, dan kelembaban. Salah satu yang faktor yang berdampak pada potensi produksi ternak yaitu lingkungan.

Dalam lingkungan terdapat faktor eksternal yaitu suhu, kelembaban, radiasi matahari, dan pergerakan angin, tingkah laku dari hewan dapat diketahui dari komunikasi, keagresifan dan struktur sosial, irama biologis dan tidur, tingkah laku seksual, tingkah laku maternal (keibuan) perkembangan tingkah laku (kedewasaan), pembelajaran, serta tingkah laku makan dan minum.

Tingkah laku hewan mempunyai banyak klasifikasi salah satunya tingkah laku ingestif. Tingkah laku ingestif memiliki arti luas bukan hanya sekedar mencari makan.

Tingkah laku ingestif diartikan sebagai tingkah laku makan atau merumput (prehensi, mastikasi dan deglutisi), minum, ruminasi, dan menjilat.

Tingkah laku makan terdiri dari aktivitas makan dan minum yang merupakan dari karakter dari semua hewan. Pentingnya aktivitas ini untuk memenuhi kebutuhan dalam hidup, performans produksi serta reproduksi.

Nah itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai ilmu tingkah laku ternak, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua dan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *