Jika RUU belum disahkan menjadi UU oleh presiden namun sudah disetujui bersama DPR maka ia berlaku setelah

Jika RUU belum disahkan menjadi UU oleh presiden namun sudah disetujui bersama DPR maka ia berlaku setelah

Jika RUU belum disahkan menjadi UU oleh presiden namun sudah disetujui bersama DPR maka ia berlaku setelah- SKD CPNS adalah tahapan yang perlu diikuti oleh pelamar setelah dinyatakan lolos syarat administrasi. 

SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar CPNS dilaksanakan dengan sistem tes berbasis komputer (CAT). Materi SKD CPNS terdiri atas tiga jenis soal, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). 

TWK adalah tes yang berkaitan dengan tema nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan bahasa negara. Kemudian, TIU adalah tes yang memuat pertanyaan terkait Kemampuan Verbal (analogi, silogisme, analitis), 

Kemampuan Numerik (berhitung, deret angka, soal cerita, perbandingan kuantitatif), hingga Kemampuan Figural (analogi, serial, ketidaksamaan). 

Adapun TKP adalah tes yang bertujuan menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai terkait dengan pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, profesionalisme, teknologi informasi dan komunikasi, dan anti-radikalisme.

Berikut ini contoh soal TWK:

Jika RUU belum disahkan menjadi UU oleh presiden namun sudah disetujui bersama DPR maka ia berlaku setelah….

a. 29 Hari

b. 30 Hari

c. 40 Hari

d. 60 Hari

e. 90 Hari

Jawaban: B

Pembahasan:

RUU yang telah mendapat persetujuan bersama diajukan kepada Presiden untuk disahkan/ditandatangani. RUU yang tidak mendapat persetujuan bersama tidak boleh diajukan lagi dalam persidangan DPR masa itu. 

RUU yang telah disetujui bersama tidak disahkan oleh Presiden dalam waktu 30 hari, RUU sah menjadi UU. RUU yang telah disahkan atau sah menajdi UU diumumkan dalam Lembaran Negara. Pemerintah wajib menyebarluaskan UU yang telah diundangkan.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Jika RUU belum disahkan menjadi UU oleh presiden namun sudah disetujui bersama DPR maka ia berlaku setelah, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *