Berikut ini medium yang memungkinkan dan paling cocok bagi virus untuk berkembang biak adalah

Berikut ini medium yang memungkinkan dan paling cocok bagi virus untuk berkembang biak adalah…..

Medium yang paling cocok digunakan untuk menumbuhkan virus untuk penelitian adalah embrio ayam. Ini karena embrio ayam terdiri dari berbagai sel yang dapat digunakan sebagai tempat perkembangbiakan virus, yang memerlukan sel makhluk hidup untuk berkembang biak.

Pembahasan:

Umumnya virus dikembangkan dalam media embrio ayam, berbeda dengan bakteri yang menggunakan media agar pada cawan petri.

Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang hidup di sel makhluk hidup lain. Virus tidak bisa bereproduksi sendiri dan harus menginfeksi sel inang untuk berkembang biak. Karena itu, medium yang mengandung sel hidup seperti telur ayam harus digunakan.

Sebagian besar virus hanya mengandung satu jenis asam nukleat: DNA atau RNA, tapi tidak keduanya. Dalam melakukan reproduksi, virus menggunakan sel inang untuk memperbanyak atau melakukan replikasi RNA dan DNA virus.

Dalam proses virus bereproduksi terdapat 4 tahap utama:

  1. Virus menempel pada sel inang tertentu (sel di mana virus akan bereproduksi)
  2. Virus menyuntikkan bahan genetiknya ke dalam sel inang, baik itu RNA atau DNA.
  3. Sel inang menggunakan bahan genetik untuk membuat virus baru, dengan melakukan replikasi RNA atau DNA
  4. Sel inang terbelah terbuka, melepaskan virus-virus anakan yang baru terbentuk.

Virus hanya bisa bereproduksi di sel inang yang terinfeksi oleh virus itu. Virus dapat menyerang makhluk hidup bersel satu seperti bakteri. Virus ini disebut bakteriophage. Virus juga bisa menyerang sel pada manusia dan menjadi patogen.

Jenis virus tertentu hanya bisa menyerang sel tertentu. Misalnya, flu biasa  disebabkan oleh virus yang menyerang sel di sistem pernafasan.

Demikianlah pembahasan mengenai medium yang memungkinkan dan paling cocok bagi virus untuk berkembang biak. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, sekian terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *