Seberapa Aman Food Additives? Panduan untuk Konsumen Cerdas

Food Additives

Food additives adalah segala jenis kebutuhan material yang ditambahkan kedalam makanan dalam bentuk olahan, adonan maupun masakan yang telah siap untuk disantap.

Tujuan diperlukannya food additives pada makanan yaitu untuk mewujudkan hasil terbaik dari pembuatan makanan sesuai dengan ekspektasi yang diinginkan.

Tidak kurang dari 3000 macam produk bahan baku tambahan (sintetis) pada makanan termasuk juga bahan baku tambahan (alami) seperti; garam, gula, dan minyak jagung.

Pemakaian bahan baku tambahan pangan itu sendiri tentu memiliki standar jenis dan dosis yang telah disetujui dan diperbolehkan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang yang berlaku.

Secara garis besar dalam peraturan disebutkan ditekankan bahwa bahan tambahan pangan yang digunakan adalah bahan baku yang tidak membahayakan bagi konsumen.

Kegunaan Food Additives

  • Meningkatkan cita rasa serta kualitas pada makanan
  • Memperindah tampilan pada makanan (bentuk, tekstur maupun warna)
  • Memperpanjang masa penyimpanan dan konsumsi
  • Melindungi nilai gizi
  • Memberikan kepuasan kepada makanan

Bahaya Food Additives

Bahaya zat aditif pada bahan baku tambahan pangan (BTP) tidaklah begitu mengkhawatirkan atau menyeramkan bagi siapapun, pasalnya jika penggunaan BTP sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang sudah ditetapkan oleh lembaga pengawasan makanan (BPOM / LPPOM) tersebut maka dapat dipastikan hasil dari pembuatan dan penjualan seluruh produk makanan dan minuman telah aman dikonsumsi oleh masyarakat.

Di antara jenis food additive yang populer dan sering digunakan dalam makanan yaitu;

  • Pemanis Buatan

Pemanis buatan ini telah lama diaplikasikan dalam berbagai macam makanan dan minuman. Fungsinya sebagai peningkat rasa manis dan mengurangi kandungan kalori.

Selain itu pemanis buatan juga ternyata dapat membantu menurunkan berat badan serta mengontrol kadar gula darah pada tubuh.

Orang yang mengonsumsi suplemen yang mengandung pemanis buatan selama kurang lebih 10 minggu memiliki asupan kalori yang lebih rendah dan hanya mendapatkan sedikit lemak dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi gula biasa.

Namun dari beberapa jenis pemanis buatan seperti aspartame juga dapat menyebabkan sakit kepala jika digunakan terlalu berlebih.

Pada beberapa pendapat dalam suatu penelitian menunjukkan bahwa individu tertentu mungkin lebih sensitif terhadap efek pemanis buatan. Namun, pemanis buatan umumnya dianggap aman bagi kebanyakan orang ketika dikonsumsi meski dalam jumlah sedang.

  • Pengawet Makanan

Sering kali kita temui beberapa produk makanan industri memiliki masa simpanan atau konsumsi yang cukup lama, mengapa begitu? Itu karena pembuat makanan tersebut sudah memberikan bahan pengawet kedalam olahannya sehingga makanan tersebut menjadi lebih tahan lama.

Pengawet merupakan zat kimia yang berfungsi mencegah terjadinya dekomposisi yang disebabkan pertumbuhan bakteri dan atau perubahan kimiawi.

Jika hendak membeli makanan sebaiknya perhatikan ingredients pada kemasannya terlebih dahulu untuk mengetahui apakah pengawet yang digunakan aman dan tidak berbahaya, lihat apakah nama pengawetnya termasuk ke dalam daftar pengawet yang di izinkan Peraturan Pemerintah Kesehatan (Permenkes).

Jenis pengawet buatan yang telah mendapat isin dan layak dikonsumsi seperti; Asam benzoat beserta garam natrium, kalium dan kalsiumnya, Metil- dan etil- para-hidroksibenzoat, Senyawa sulfit, Garam nitrit dari kalium dan natrium, Garam nitrat dari kalium dan natrium, Asam propionat beserta garam natrium, kalium, dan kalsiumnya.

  • Sodium Nitrite

Jenis pengawet ini sering ditemukan dalam daging olahan, memiliki warna merah muda yang berfungsi sebagai pengawet yang dapat mencegah tumbuhnya bakteri, juga dapat menambahkan rasa sedikit lebih asin.

Natrium Nitrit yang terkena panas tinggi dan di hadapkan dengan asam amino, nitrit maka berubah menjadi nitrosamin, senyawa yang dapat memiliki banyak efek negatif pada kesehatan.

Sementara kandungan nitrit dan nitrosamin yang lebih tinggi biasanya menyerang para penderita risiko kanker lambung yang lebih tinggi.

  • Monosodium glutamat (MSG)

Monosodium glutamat atau sering diketahui sebagai MSG ini adalah aditif makanan pada umumnya, produk ini digunakan untuk mengatur dan meningkatkan rasa gurih pada berbagai macam makanan olahan seperti makan beku, camilan asin dan sup kalengan.

Di antara beberapa orang memiliki kepekaan terhadap MSG yang telah mengalami gejala-gejala seperti sakit kepala, berkeringat dan mati rasa setelah makan dalam jumlah yang besar.

Jika mengalami efek samping yang negatif setelah mengonsumsi MSG, sebaiknya dijauhkan dan hentikan penggunaan sampai anda dapat mentolerir MSG tersebut, dan dapat kembali dikonsumsi dengan kuantitas yang aman atau dalam jumlah yang sedang tanpa efek samping yang merugikan kesehatan.

  • Ragi Ekstrak

Ragi Ekstrak juga disebut sebagai ekstrak ragi Autolyzed atau ekstrak ragi Terhidrolisis, pengaplikasian pada Ragi biasanya untuk ditambahkan pada makanan yang gurih seperti keju, kecap asin serta camilan asin sebagai penguat rasa.

Ekstrak ragi mengandung glutamat, yang merupakan jenis Asam amino alami yang dapat ditemukan dalam banyak makanan. seperti halnya Monosodium glutamat (MSG), makan makanan dengan glutamat dapat menyebabkan gejala ringan seperti sakit kepala, mati rasa dan bengkak pada orang yang peka terhadap efeknya.

Food Additives Adalah

Food additive berarti zat apa pun yang biasanya tidak dikonsumsi sebagai makanan dengan sendirinya dan tidak biasanya digunakan sebagai bahan khas makanan.

Baik yang memiliki nilai gizi atau tidak, yang penambahannya disengaja ke dalam makanan untuk tujuan teknologi (termasuk organoleptik) dalam pembuatan, pengolahan, persiapan, pengolahan, pengemasan, pengemasan, pengangkutan.

Atau penyimpanan hasil pangan tersebut, atau dapat diperkirakan secara wajar mengakibatkan (secara langsung atau tidak langsung), di dalamnya atau produk sampingannya menjadi komponen atau mempengaruhi karakteristik makanan tersebut.

Istilah ini tidak termasuk kontaminan atau zat yang ditambahkan ke dalam makanan untuk mempertahankan atau meningkatkan kualitas nutrisi.

Food additive adalah zat yang ditambahkan ke dalam makanan untuk mempertahankan rasa atau meningkatkan rasa, penampilan, atau kualitas sensorik lainnya.

Beberapa aditif telah digunakan selama berabad-abad sebagai bagian dari upaya pengawetan makanan, misalnya cuka (pengawetan), garam (penggaraman), asap (pengasapan), gula (kristalisasi), dll.

Hal ini memungkinkan makanan yang tahan lama seperti daging asap, manisan, atau anggur. Dengan munculnya makanan ultra-proses pada paruh kedua abad kedua puluh, banyak zat aditif telah diperkenalkan, baik yang berasal dari alam maupun buatan.

Food additive juga termasuk zat yang mungkin dimasukkan ke dalam makanan secara tidak langsung (disebut “zat aditif tidak langsung”) dalam proses produksi, melalui pengemasan, atau selama penyimpanan atau pengangkutan.

Food Additive Codex

“Standar Umum Codex untuk food additive” (GSFA, Codex STAN 192-1995) menetapkan kondisi di mana bahan tambahan makanan yang diizinkan dapat digunakan pada semua makanan, baik yang telah distandarisasi oleh Codex maupun belum.

Pembukaan GSFA berisi informasi tambahan untuk menginterpretasikan data. Pengguna dianjurkan untuk membaca Pembukaan saat menggunakan database ini.

Basis data ini menyediakan, dalam format yang dapat dicari, semua ketentuan untuk bahan tambahan makanan yang telah diadopsi oleh Komisi Codex Alimentarius.

Ketentuan dapat dicari berdasarkan bahan tambahan makanan (nama, sinonim, nomor INS), berdasarkan kelas fungsional dan kategori makanan, seperti yang dijelaskan dalam Lampiran B Codex GSFA.

Harap diperhatikan: Standar Umum Codex untuk food additive saat ini sedang dikembangkan dan akan diperbarui secara berkala untuk menyertakan ketentuan bahan tambahan pangan tambahan yang diadopsi oleh Komisi Codex Alimentarius.

Ruang Lingkup

  • Bahan Tambahan Makanan yang Tercakup dalam Standar ini

Hanya food additive yang tercantum di sini yang diakui sesuai untuk digunakan dalam makanan sesuai dengan ketentuan Standar ini.

Hanya food additive yang telah ditetapkan sebagai Asupan Harian yang Dapat Diterima (ADI) atau yang telah ditetapkan, berdasarkan kriteria lain, sebagai aman oleh Komite Ahli Gabungan FAO/WHO untuk Bahan Tambahan Pangan (JECFA).

Aditif (JECFA) dan penunjukan Sistem Penomoran Internasional (INS) oleh Codex akan dipertimbangkan untuk dimasukkan dalam Standar ini. Penggunaan bahan tambahan yang sesuai dengan Standar ini dianggap sebagai dibenarkan secara teknologi.

  • Makanan yang Dapat Menggunakan Bahan Tambahan

Standar ini menetapkan kondisi di mana bahan tambahan makanan dapat digunakan dalam semua makanan, baik yang sebelumnya telah distandarisasi oleh Codex.

Penggunaan bahan tambahan dalam makanan yang distandarisasi oleh Codex adalah tunduk pada ketentuan penggunaan yang ditetapkan oleh standar komoditas Codex dan Standar ini.

Umum Standar Umum untuk Bahan Tambahan Makanan (GSFA) harus menjadi titik referensi otoritatif tunggal untuk bahan tambahan makanan.

Komite komoditas Codex memiliki tanggung jawab dan keahlian untuk menilai dan menjustifikasi kebutuhan teknologi teknologi yang diperlukan untuk penggunaan bahan tambahan dalam makanan yang tunduk pada standar komoditas.

Informasi yang diberikan oleh komite komoditas komoditas juga dapat dipertimbangkan oleh Komite Codex tentang Bahan Tambahan Pangan (CCFA) ketika mempertimbangkan ketentuan bahan tambahan pangan dalam makanan serupa yang tidak terstandardisasi.

Jika suatu makanan tidak tercakup dalam komite komoditas komoditas juga dapat dipertimbangkan oleh Komite Codex tentang Bahan Tambahan Pangan (CCFA) ketika mempertimbangkan ketentuan bahan tambahan pangan dalam makanan serupa yang tidak terstandardisasi.

Jika suatu makanan tidak tercakup dalam komite komite komoditas, CCFA akan menilai kebutuhan teknologi.

Kategori makanan atau bahan makanan individu di mana penggunaan bahan tambahan makanan tidak dapat diterima, atau di mana penggunaannya harus dibatasi, didefinisikan oleh Standar ini.

  • Tingkat Penggunaan Maksimum untuk Bahan Tambahan Pangan

Tujuan utama penetapan tingkat penggunaan maksimum untuk bahan tambahan makanan dalam berbagai kelompok makanan adalah untuk memastikan bahwa asupan zat aditif dari semua penggunaannya tidak melebihi ADI.

Food additive yang dicakup oleh Standar ini dan tingkat penggunaan maksimumnya sebagian didasarkan pada ketentuan aditif makanan dari standar komoditas Codex yang telah ditetapkan sebelumnya.

Atau atas permintaan pemerintah setelah menundukkan tingkat penggunaan maksimum yang diminta ke metode yang tepat untuk memverifikasi kompatibilitas tingkat maksimum yang diusulkan dengan ADI.

Demikianlah pembahasan mengenai food additive. Semoga dapat memperluas pengetahuan kita semua, sekian terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *