Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam – Komunikasi dan Penyiaran Islam atau yang biasa disingkat KPI merupakan program studi yang menggabungkan ilmu komunikasi dan penyiaran dengan nilai-nilai agama islam.

Jurusan ini mencakup berbagai aspek komunikasi dan penyiaran, termasuk strategi komunikasi, produksi media, jurnalisme, dan teknologi penyiaran. Selain itu, mahasiswa jurusan ini juga belajar tentang ajaran dan prinsip-prinsip Islam yang relevan dengan komunikasi dan penyiaran.

Mengapa harus Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam ? 

  • Minat di bidang jurnalisme dan broadcasting

Bagi kamu yang memiliki minat di bidang jurnalisme dan broadcasting, maka jurusan ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Kamu akan lebih bersemangat dalam menjalani perkuliahan karena mempelajari hal yang diminati.

  • Kolaborasi ilmu penyiaran dan agama

Jurusan komunikasi dan penyiaran islam merupakan salah satu jurusan yang memiliki kolaborasi keilmuan umum dengan agama. Jika kamu memilih jurusan ini, maka kamu tidak hanya mendapat kemampuan dan keahlian di bidang jurnalistik dan penyiaran, melainkan juga dapat memperdalam pemahaman tentang prinsip-prinsip dalam agama islam.

  • Kesempatan untuk menyebarkan pesan-pesan positif

Mahasiswa jurusan komunikasi dan penyiaran islam akan belajar cara mengembangkan dan menyampaikan pesan yang bermanfaat bagi masyarakat melalui berbagai media. Lulusan jurusan ini bahkan memiliki kesempatan untuk menjadi seorang pendakwah dan menyebarkan pesan positif bagi umat islam.

  • Prospek kerja yang luas

Lulusan jurusan komunikasi dan penyiaran Islam akan memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk bekerja di berbagai bidang, termasuk media massa, perusahaan komunikasi, dan lembaga-lembaga pemerintahan atau swasta yang terkait dengan penyiaran dan komunikasi.

  • Selalu Update Dengan Berita Terbaru

Isu-isu nasional dan global sudah menjadi makanan anak KPI sehari-hari. Kamu akan menjadi pribadi yang lebih berwawasan dan memiliki integritas tinggi.

  • Tidak Akan Mengalami Gaptek

Alasan memilih Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam karena kamu akan memiliki jaringan atau pergaulan dengan orang-orang yang kece. Anak KPI lebih mahir dengan teknologi dan informasi terbaru. Selamat tinggal julukan gagap teknologi.

  • Bisa Mengasah Kemampuan Menulis Dengan Baik

Kamu akan belajar tentang ilmu menulis sebuah berita atau tulisan bermanfaat lain. Skill menulis bisa kamu asah agar bisa memberikan manfaat untuk diri sendiri dan umat.

Tulisan yang berkualitas bisa mendongkrak popularitas termasuk memberikan pekerjaan untuk kamu yang suka menulis.

  • Bisa Menjadi Pribadi Yang Positif Dalam Menyebarkan Berita
  • Hoax memang bukan hal yang aneh di era digitalisasi mengingat setiap orang bisa menulis apa saja sesuka hati. Namun, kamu bisa menyaring berita sesuai fakta alias no hoax yang bisa menyesatkan banyak orang.
  • Sistem Pembelajaran Lebih Santai

Sistem pembelajaran yang memberikan kebebasan berekspresi lewat gagasan, ide atau asumsi, maka kamu bisa menikmati masa kuliah lebih santai. Mengerjakan tugas yang diberikan lebih menyenangkan sebab kamu memiliki passion di jurusan ini.

  • Bisa Menjadi Ajang Dakwah

Tak hanya bisa memberikan manfaat di dunia, Kamu bisa menjadi pendakwah yang memiliki kemampuan di dalam syiar Islam. Setidaknya ilmu yang Kamu implementasikan bakal bermanfaat di akhirat kelak.

  • Memiliki Masa Depan Yang Cerah

Menjadi lulusan KPI bisa memberikan keterampilan yang mumpuni sehingga kamu bisa menentukan karir dari sekarang. Kamu mau bekerja di lembaga negara seperti Kemenag, pekerjaan konvensional atau menjadi content creator, sah-sah saja.

Setidaknya Kamu memiliki jaminan masa depan yang lebih cerah. Alasan memilih Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam bisa menjadi pertimbangan buat kamu yang ingin kuliah. Pilih jurusan yang sesuai dengan minat agar kamu bisa menjalani setiap matkul dengan suka cita.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Lulusan Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam mampu menyampaikan pesan yang bermanfaat bagi masyarakat melalui berbagai media.
  • Lulusan jurusan ini mampu menyusun program penyiaran yang sesuai dengan prinsip Islam dan mengembangkan strategi komunikasi.
  • Memahami prinsip dan ajaran Islam yang relevan dengan bidang komunikasi dan penyiaran, serta menerapkannya dalam pekerjaan.
  • Mampu menggunakan teknologi penyiaran dan peralatan produksi media yang sesuai dengan standar industri.
  • Mampu mengelola dan memelihara hubungan dengan stakeholder, termasuk media, pemerintah, dan masyarakat.

Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Kerja Apa

Prospek kerja lulusan Komunikasi dan Penyiaran Islam tidak perlu diragukan lagi. Dengan memiliki kemampuan di bidang komunikasi dan penyiaran, kamu berpeluang untuk berkarier di berbagai media, mulai dari media televisi, radio, hingga media sosial seperti YouTube.

Di samping itu, kamu juga bisa bekerja di sektor lain, khususnya di divisi public relations. Jika kamu tertarik untuk berkarier di media televisi, maka kamu bisa bekerja di berbagai stasiun televisi, baik yang secara khusus menghadirkan program-program keislaman, maupun program umum.

Di bidang ini, terdapat beberapa profesi yang bisa kamu tekuni, salah satunya adalah presenter. Presenter sendiri merupakan seseorang yang bertugas memandu atau membawakan acara dalam program televisi, termasuk melakukan wawancara kepada narasumber dan menyampaikan informasi kepada penonton.

Untuk menjadi seorang presenter, kamu harus menguasai beberapa soft skill seperti public speaking dan berpikir kritis maupun kreatif. Makanya, profesi ini sangat cocok bagi kamu yang sudah terbiasa mengasah skill tersebut di perkuliahan.

Selain media televisi ataupun cetak, saat ini YouTube dan dan berbagai media podcast seperti Spotify juga dimanfaatkan sebagai media penyampaian dakwah.

Sebab, berbagai kanal tersebut dinilai lebih efektif untuk menyampaikan berbagai informasi dengan jangkauan yang lebih luas.

Hal ini tentunya membuka peluang bagi para lulusan Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam untuk berkontribusi dalam pembuatan konten yang akan disiarkan melalui channel Youtube atau podcast islami.

Lulusan Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam bisa menjadi kameramen, editor video, ataupun script writer.

Kemudian, berbekal ilmu keagamaan yang diperoleh dari jurusan ini, kamu pun berpeluang menjadi seorang jurnalis Muslim di berbagai media penyiaran Islam.

Jurnalis Muslim bertugas untuk meliput, menulis, dan menyebarkan berita tentang agama dan umat Islam dengan tujuan membangun persepsi dan citra positif tentang Islam dan kaum Muslim.

Dalam melakukan liputan, kamu wajib menggunakan Al-Qur’an, hadis, dan ijma ulama sebagai bahan rujukan, jadi bukan merujuk pada pendapat publik. Itulah yang membedakan jurnalis Muslim dengan jurnalis umum.

Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Belajar Apa Saja

Perkuliahan dalam Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam ini cukup menyenangkan untuk dijalani. Di sini, kamu tidak perlu menjalani perkuliahan yang berbau matematika, bahkan mata kuliah statistik tidak diwajibkan di jurusan ini.

Selain itu, kuliah praktikum yang berat dan sulit juga tidak akan membebani kamu. Buat kamu yang pengen kuliah tapi bingung mau ngambil jurusan apa? Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) bisa jadi salah satu alternatif pilihan kamu.

Jurusan Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam bisa dikatakan sebagai jurusan yang memadukan ilmu komunikasi dan agama Islam. Di jurusan ini, para mahasiswa akan belajar banyak tentang komunikasi atau penyiaran secara Islami.

Selain itu, mereka juga akan belajar tentang agama Islam. Prospek kerja Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam ini bisa dibilang hampir sama bagusnya dengan Jurusan Ilmu Komunikasi.

Sistem pembelajaran yang memberikan kebebasan berekspresi lewat gagasan, ide atau asumsi, maka Kamu bisa menikmati masa kuliah lebih santai. Mengerjakan tugas yang diberikan lebih menyenangkan sebab Kamu memiliki passion di jurusan ini.

Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam merupakan salah satu jurusan favorit di perguruan tinggi Islam. Peminat jurusan ini cukup banyak sehingga, tak heran jika ada banyak kampus atau universitas yang menawarkan jurusan ini.

Mereka biasanya menempatkan Jurusan KPI di bawah naungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Buat kamu yang mendambakan kehidupan kuliah yang seru dan menantang, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam bisa menjadi salah satu pilihanmu. Sebab, di jurusan ini kamu akan bertemu dengan banyak mata kuliah terkait Ilmu Komunikasi yang membuat pola pikirmu semakin terasah.

Beberapa mata kuliah tersebut adalah Pengantar Ilmu Komunikasi, Komunikasi Politik, Teori Komunikasi, Hukum dan Etika Media, Manajemen Media Massa, dan masih banyak lagi.

Di samping itu, tentunya terdapat mata kuliah yang berkaitan dengan ilmu keagamaan, seperti Komunikasi Islam, Ilmu dan Sejarah Dakwah, Psikologi Komunikasi Dakwah, Studi Agama Kontemporer, Fikih Kontemporer, dan sebagainya.

Selanjutnya,pada beberapa kampus, Jurusan KPI terbagi atas dua konsentrasi, yaitu Konsentrasi Jurnalistik dan Konsentrasi Broadcasting. Maka, kamu juga akan bertemu dengan beberapa mata kuliah pendukung sesuai dengan konsentrasi yang kamu ambil.

Jika kamu memilih Konsentrasi Jurnalistik, maka terdapat mata kuliah seperti Jurnalistik Cetak, Jurnalistik Online, Fotografi Jurnalistik, Penulisan Artikel, Manajemen Redaksi, dan lain-lain.

Sementara untuk kamu yang berminat pada Konsentrasi Broadcasting, terdapat mata kuliah Hukum dan Etika Penyiaran, Reportase Radio/TV, Newscasting, Manajemen Siaran, Sinematografi, dan sebagainya.

Kamu bisa memilih konsentrasi tersebut dengan mempertimbangkan bidang profesi yang ingin kamu tekuni.

Selain dikemas dalam pembelajaran teori, berbagai mata kuliah di atas juga kerap dilaksanakan secara praktik.

Misalnya pada mata kuliah Sinematografi, kamu diberi kesempatan untuk belajar secara praktik mulai dari menggali ide cerita, membuat skenario, mengambil gambar, editing, dan finishing dalam produksi sinema atau film.

Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam dapat kamu tempuh melalui selama empat tahun melalui program Sarjana 1 (S1), sehingga gelar Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam yang akan kamu raih adalah Sarjana Sosial (S.Sos).

Mata Kuliah

  • Filsafat Dakwah
  • Ilmu Dakwah
  • Psikologi Dakwah
  • Sejarah Dakwah
  • Metodologi Penelitian Dakwah
  • Ilmu Komunikasi
  • Jurnalistik
  • Teknik Berpidato
  • Produksi Siaran Radio Dan Film
  • Pengantar Manajemen
  • Statistik Sosial
  • Perilaku Organisasi
  • Filsafat Islam
  • Patologi Sosial
  • Perbandingan Agama
  • Geografi Islam
  • Public Relation
  • Ilmu Akhlak
  • Psikologi Komunikasi Dan Tabligh
  • Pengantar Psikologi

Demikianlah informasi mengenai Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua mengenai jurusan ini. Sekian terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *